Informasi Tajam dan Terpercaya

Terpilih Aklamasi, Zairullah Azhar Disebut Presiden Anak Yatim

Avatar photo

BANJARMASIN – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Indonesia pada Munas II di Hotel Best Western Banjarmasin pukul 23.00 wita, Sabtu malam (8/10/2022).

Meski sempat terjadi ketegangan saling dorong antara pendukung Zairullah Azhar dan pendukung Jasra Putra karena salah satu calon yang dijagokan digugurkan oleh pimpinan sidang karena tidak memenuhi syarat calon Ketua Umum.

Namun Zairullah Azhar menjadi calon satu-satunya yang dinyatakan memenuhi syarat dan mendapat dukungan banyak dari korwil Lampung, NTT, Sulsel, Kaltara, NTB, DIY Yogyakarta, Bali, Kepri, Riau, Sumatra Barat, Kalsel.

Sementara Jasra Putra mendapat dukungan dari Jateng, Bangka Belitung, Bengkulu, Sumut, dan Jabar, dan dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk maju sebagai calon Ketua Umum Fornas LKSA Indonesia.

Forum Nasional LKSA merupakan perkumpulan lembaga sosial yang mewadahi anak-anak yatim, piatu, dan terlantar, bertujuan memberikan pendidikan dan pengasuhan kepada anak-anak agar memiliki kehidupan yang lebih baik dan berguna bagi masyarakat, agama, bangsa, dan negara. Bagi sebagian peserta Musyawarah Nasional II menyebut posisi Ketua Umum LKSA adalah Presiden Anak Yatim Indonesia.

Dalam pidato kemenangan Zairullah Azhar sebagai Ketua Fornas LKSA, menyampaikan keterpilihannya sebagai Ketua Umum menjadi amanah yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan bersama-sama untuk memajukan LKSA.

“Dan hanya mungkin saya lakukan kalau kita semua punya prinsip komitmen bekerja sama,” katanya.

Sebagai program pertama dalam memimpin LKSA, Zairullah Azhar akan memperhatikan pendidikan bagi anak-anak yatim.

Zairullah Azhar memiliki 7 kampus pendidikan tinggi yang memiliki banyak program studi di Banjarmasin, ia mengajak anak-anak yatim dari berbagai LKSA mau belajar di kampus-kampus yang selama ini dikelolanya.

Baca Juga :  Surveyor Internasional Tinjau Lokasi Bendungan Kusan

“Itu tahun pertama yang saya bisa lakukan sebagai tanggung jawab ketua,” katanya.

Ia pun akan melanjutkan apa-apa yang sudah dilaksanakan oleh Plt Ketua LKSA Indonesia dan mengikuti garis organisasi LKSA

selain itu, ia jua akan memperjuangkan perubahan nama, tidak lagi sebagai panti asuhan akan tetapi dengan istilah rumah atau Istana Anak Yatim yang lebih memuliakan anak-anak yatim.

Pesaing Zairullah Azhar dalam pemilihan Ketua Umum Fornas LKSA adalah DR Jasra Putra M.Fil, M.Pd, Wakil Ketua MPS (Majelis Pelayanan Sosial) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Kepala Divisi Pengawasan Monitoring dan Evaluasi (Kadivwasmonev) KPAI, Jasra Putra terpilih sebagai komisioner KPAI sampai periode 2027 mewakili dari unsur kelompok masyarakat peduli anak.

Suasana ucapan selamat kepada Zairullah Azha setelah dinyatakan sebagai Ketua Umum LKSA
Suasana ucapan selamat kepada Zairullah Azha setelah dinyatakan sebagai Ketua Umum LKSA

Sementara dr. HM Zairullah Azhar, M.Sc adalah Bupati Kabupaten Tanah Bumbu, pernah menjadi Anggota DPR RI dua periode, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, dan memiliki beberapa kampus pendidikan tinggi di Kalimantan Selatan. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *