Informasi Tajam dan Terpercaya

Dispersip Tanbu Gelar Story Telling Bagi PAUD IT Dhia El Widad

TANAH BUMBU – Ratusan anak dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Islam Terpadu Dhia El Widad Kecamatan Sungai Loban mengikuti kegiatan story Telling yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu, Selasa (20/9/2022).

Story Telling yang dilaksanakan ini dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak usia dini. Tak kurang dari 112 orang anak-anak PAUD terdiri dari TK dan KB mengikuti dengan antusias penuh keceriaan.

Kegiatan tampak semakin seru, karena dirangkai dengan cerita-cerita menarik yang disampaikan langsung Trialis Nurika Evi atau yang dikenal dengan Bunda Alis yang juga merupakan Pengelola Kampung Dongeng Batulicin.

Menariknya, Bunda Alis tidak ketinggalan membawa teman, yakni boneka tangan yang bernama Jek.

Story telling yang disampaikan tentang putri buku dan raja bodoh. Dari uraian cerita tersebut, terdapat beberapa pesan moral yang yang bisa dipetik diantaranya adalah anak-anak harus tetap semangat dan rajin membaca buku agar menjadi putri buku sehingga tidak menjadi raja bodoh.

Kepala Dispersip Tanah Bumbu, Yulia Rahmadani diwakili Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Kegemaran Membaca, Tri Wahyudi Huda, menyampaikan Story Telling ini diadakan dalam rangka meningkatkan budaya literasi dan karakter anak sejak dini. Sehingga anak-anak ini nantinya diharapkan bisa mendapatkan pelajaran yang bermanfaat.

“Dengan story telling ini dapat memberikan motivasi dan edukasi kepada anak-anak dimulai sejak dini, misalnya meningkatkan kegemaran membaca dan aktif belajar,” ujarnya.

Selain itu, lanjutkan Huda, Story Telling ini juga dapat menumbuhkan sikap positif di dalam diri anak sekaligus sebagai bentuk pembekalan kepada anak usia dini. Karena usia mereka adalah usia emas, sehingga nantinya mereka memiliki motivasi tinggi untuk menuntut ilmu dan gemar membaca.

Baca Juga :  Bupati Zairullah Minta Tanggung Jawab Pusat Soal Aturan Tambang

Sementara itu ketika dikonfirmasi terpisah via whatsapp, Kepala Sekolah TK IT Dhia El Widad, Umi Zulaihatun, menyampaikan rasa gembiranya.

“Kami sangat senang dan menyambut suka cita atas program Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ini telah datang melaksanakan kegiatan yang dinanti yakni story telling ke sekolah ini,” tutur Umi.

Menurutnya, anak-anak merasa senang kedatangan tamu yang sangat luar biasa, hingga anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan mendongeng bersama Bunda Alis.

Berkaca dari Story Telling ini, “kami berkomitmen melakukan inovasi pembelajaran yang dikemas dalam bentuk bercerita supaya semangat belajarnya terus meningkat dan tidak merasa bosan.” pungkas Umi. (Z)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.