Informasi Tajam dan Terpercaya

Si Kadal Beraksi Lagi di Kecamatan Mantewe

TANAH BUMBU – Dinas Kependudkan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencpil) Kabupaten Tanah Bumbu terus menggenjot peran Si Kadal (Sisir Kawasan Pedalaman) menyentuh sasaran ke desa-desa terpencil dalam rangka memberikan pelayanan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk).

Si Kadal merupakan inovasi layanan Adminduk Disdukpencpil kepada publik secara cepat dan lincah, difokuskan melayani masyarakat terisolasi yang tinggal dan tersebar secara tidak merata di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Baru-baru ini, Si Kadal beraksi di Kecamatan Mantewe, mengunjungi tiga desa sasaran, yakni Desa Gunung Raya, Dadap Kusan Raya dan Tamunih. Pasalnya, masyarakat yang tinggal di kawasan tersebut harus menempuh perjalanan jauh dan mengeluarkan biaya yang sangat mahal untuk dapat mengurus secara mandiri administrasi kependudukan ke dinas.

Kegiatan  Si Kadal menembus desa yang masih minim infrastruktur, tanggal 15-16 September 2022, membuat petugas harus bermalam selama dua hari di desa tujuan.

Senin kemarin ((19/9/2022), Media Goodnews.co.id mengunjungi Disdukpencapil Tanah Bumbu. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) Tanah Bumbu, Gento Hariadi melalui Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Muhammad Hasan, mengatakan dengan adanya Si Kadal masyarakat yang berdomisili di daerah pedalaman dapat merasakan pelayanan prima yang membahagiakan.

“Kami melihat antusias warga desa yang dikunjungi cukup luar biasa. Hasil pelayanan di lapangan adalah perekaman e-KTP 5, cetak e-KTP rusak atau hilang berjumlah 18, KK 12 orang dan 7 untuk pencetakan KIA,” sebut Hasan.

Sementara petugas dinas yang turun berjumlah empat orang diantaranya, Syaifullah, Erwin, Firman, dan Zulfikar selaku Administrator Database (ADB).

Disdukpencapil Tanah Bumbu berharap, kehadiran Si Kadal, memberikan layanan kependudukan dapat dirasakan merata oleh seluruh masyarakat untuk mewujudkan Kabupaten Tanah Bumbu sadar administrasi kependudukan.

Baca Juga :  Bapenda Tanbu Kejar Target PAD 2022

Adapun sejauh ini, kata Hasan, sasaran Si Kadal terfokus di tiga wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Teluk Kepayang, Kusan Hulu dan Mantewe. Sedangkan untuk kawasan wilayah desa terpencil di Kecamatan Satui sudah tercover UPTD Satui. (Z)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.