Informasi Tajam dan Terpercaya

Pemcam Kusan Hulu Data Potensi Desa

Acara haul di makam Habib Mancung 2022
Acara haul di makam Habib Mancung 2022

TANAH BUMBU – Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Kusan Hulu memulai melakukan pemetaan potensi kecamatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Camat Kusan Hulu Herlambang melalui Kasi Pemerintahan Joko Sundoro menyampaikan Pemerintah Kecamatan sedang gencar-gencarnya melakukan pendataan dan pengumpulan informasi potensi, ancaman, tantangan, yang sedang dihadapi, Jum’at (16/09/2022).

Data dan informasi yang dikumpulkan berkaitan ketenagakerjaan, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, olahraga dan hiburan, angkutan, komunikasi dan informasi, ekonomi, keamanan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat.

Selain itu, juga mengumpulkan data dan informasi bencana alam, pencemaran lingkungan, permasalahan sosial, kesehatan, maupun gangguan keamanan yang terjadi di desa.

Joko menjelaskan, hingga kini, telah melakukan pendataan di 11 desa yang ada di wilayah Kecamatan Kusan Hulu.

Potensi daerah yang banyak dikunjungi oleh masyarakat adalah wisata religi Makam Habib Mancung di Desa Pacakan, dan Makam Tuan Guru KH Zakariya di Desa Bakarangan. Kedua makam yang berada di wilayah Kecamatan Kusan Hulu ini, mendatangkan ribuan orang dari luar daerah bahwa dari pulau jawa juga datang pada saat acara haul.

Joko menambahkan, selain wisata makam para wali, terdapat potensi lain di Kusan Hulu, seperti sektor pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, tambak, perikanan, dan juga terdapat potensi alam berupa bahan galian golongan C berupa pasir, batu (sirtu), dan batu pondasi.

Ia yakin, bila sektor itu dikelola dengan baik dan profesional, maka potensi tersebut dapat mengangkat perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga Kecamatan Kusan Hulu. (MAS)

Baca Juga :  SMPN 1 Sungai Loban Bidik Juara LSS dan KKR Tingkat Provinsi Kalsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.