Informasi Tajam dan Terpercaya

DLH Tanbu Nilai Pelaksanaan Dasawisma

TANAH BUMBU – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tanah Bumbu melakukan penilaian lomba pelaksanaan Dasawisma tanggal 12 September 2022 sampai dengan 20 September 2022.

Pada Hari Senin (12/09/2022) Tim Penilai DLH bergerak ke 2 desa sasaran yakni Desa Bersujud Kecamatan Simpang Empat dan Desa Rejosari Kecamatan Mantewe.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu fokus menilai pada Dasawisma Stroeberry di RT 8 Desa Bersujud dan Dasawisma Matahari RT 2 Desa Rejosari.

Ketika dikonfirmasi Goodnews.co.id terkait hasil penilaian di lapangan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tanah Bumbu, Rahmat Prapto Udoyo melalui Analis Kebijakan, Siti Fatimah, menyampaikan beberapa catatan bahwa kualitas lingkungan hidup perlu ditingkatkan terutama bagi para kader dasawisma sendiri.

“Kami menilai bahwa area kebersihan sekitar dasawisma masih kurang, karena terdapat beberapa tumpukan sampah di depan dan samping rumah warga. Selain itu juga belum adanya pemilahan sampah dibakar,” bebernya.

Namun menurutnya, secara keseluruhan hasil evaluasi menunjukkan bahwa area kebersihan relatif bersih, tersedia tempat sampah terpilah 3 warna. Selanjutnya untuk kapasitas kader dasawisma terhadap lingkungan hidup sudah bagus karena sudah diterapkan pengelolaan sampah yang benar, bahkan sebagian sudah dimanfaatkan menjadi kompos padat maupun cair.

“Guna meningkatkan kualitas lingkungan yang bersih dan sehat, maka penting diperkuat dengan kapasitas kader dasawisma terkait pengetahuan tentang kebersihan, pengelolaan sampah, tertib administrasi serta menciptakan inovasi terkait lingkungan hidup di desa-desa.” tegas Fatimah.

Oleh karenanya, dia berharap masyarakat Tanah Bumbu khususnya kader dasawisma senantiasa mencintai lingkungan sekitar dengan memanfaatkan bahan bekas untuk dijadikan alat permainan edukatif, keterampilan dan hasta karya.

Selanjutnya memanfaatkan sampah organik untuk diolah menjadi kompos padat maupun cair sehingga bisa menjadi pupuk tanaman, membentuk dan mengaktifkan bank sampah untuk menampung sampah yang bernilai jual dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

Baca Juga :  Dispersip Tanbu Kembangkan Skill Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Berikut jadwal penilaian evaluasi terhadap pelaksanaan 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Tanah Bumbu:

Hari Selasa, 13 September 2022 di Desa Manuntung Kecamatan Kusan Hulu dan Desa Tibarau Panjang Kecamatan Teluk Kepayang.

Hari Rabu, 14 September 2022 di perwakilan desa Kecamatan Kusan Tengah dan Kelurahan Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

Hari Kamis, 15 September 2022 di Kelurahan Gunung Tinggi Kecamatan Batulicin dan Desa Sumber Wangi Kecamatan Karang Bintang.

Hari Senin, 19 September 2022 di Desa Sari Mulya Kecamatan Sungai Loban dan Desa Waringin Tunggal Kecamatan Kuranji.

Hari Selasa, 20 September 2022 di Desa Sumber Baru Kecamatan Angsana dan Desa Sungai Cuka kecamatan Satui. (Z)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.