Informasi Tajam dan Terpercaya

Persiapan CSIRT Tingkatkan Kapasitas Aparatur Persandian Daerah

TANAH BUMBU – Kabupaten Tanah Bumbu Sosialisasi Persiapan Computer Security Insident Response Team (CSIRT) di gedung Mahligai Bersujud Kapet Jalan Transmigrasi Desa Sari Gadung, Rabu (7/9/2022).

CSIRT yang dibentuk akan memberikan manfaat pencegahan serangan siber, kehilangan data, manipulasi data, mengelola dan menjaga keamanan informasi yang dapat merugikan pemerintah daerah.

Kegiatan Persiapan CSIRT sebagai upaya meningkatkan kapasitas aparatur sandi dalam memberikan perlindungan data, dan informasi yang dimiliki oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar membuka acara secara resmi, yang diwakili Asisten I bidang Administrasi Umum Andi Aminuddin, berharap dengan membuka kerjasama dengan semua instansi, dapat menjaga keamanan data dan informasi yang dimiliki pemerintah daerah.

“Ke depan, dengan pengelolaan keamanan informasi secara bersama-sama oleh semua instansi, dan SKPD di bawah koordinasi Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian, diharapkan dapat mengatasi serangan keamanan informasi,” ujar Andi Aminuddin dalam membuka acara Persiapan CSIRT.

Sosialisasi Persiapan CSIRT menghadirkan dua nara sumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Diah Sulistyowati dan Aprita Danang Permana.

Kepala Dinas Diskominfo SP Tanah Bumbu Ardiansyah melalui Sekretaris Diskominfo SP Irwan, menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan ilmu pengetahuan, penguasaan substansi persandian, dan membangun kerjasama.

“Dalam urusan persandian kita terus berbenah dan saat ini sedang mulai berkonsentrasi penuh pada peningkatan pengetahuan dan kemampuan SDM dalam persandian di daerah,” papar Irwan.

Keutamaan dalam pengamanan informasi didasari atas beberapa potensi ancaman yang kerap dihadapi oleh pemerintah, seperti interupsi, intersepsi, modifikasi dan publikasi. (MAS)

Baca Juga :  Zairullah Azhar Sampaikan RAPBD Tanbu 2023 Sebesar Rp 1,412 Triliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.