Informasi Tajam dan Terpercaya

Tim Penilaian Adipura Kunjungi Tanah Bumbu

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar mengucapkan selamat datang kepada Tim Adipura, yang mengunjungi Kantor Bupati di Jalan Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi.

“Selamat datang di Tanah Bumbu,” sambut hangat Zairullah Azhar didampingi Staf Ahli Bupati H. Ansyari Firdaus, Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Riduan, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu Rahmat Prapto Udoyo. Kamis (01/09/2022).

Bupati Tanah Bumbu dan juga Pengasuh Pondok Pesantren Istana Anak Yatim, Zairullah Azhar, menyampaikan motto Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu Tanah Bumbu bersih, syukur, jujur, dan damai, disingkat menjadi Bersujud.

Bupati Tanah Bumbu meminta penjelasan dan arahan terkait kisi-kisi penilaian adipura tahun 2022 ini.

Tim dan Penilai yang mengunjungi Tanah Bumbu diantaranya Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kalimantan Selatan, dan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan.

Sementara itu, salah satu Tim Penilai Adipura, Herbita Simanjuntak dari Kementerian LHK, menyampaikan, kedatangan bersama Tim ke Tanah Bumbu dalam rangka melihat dan memantau pengelolaan sampah di Kabupaten Tanah Bumbu.

Ia menambahkan, terdapat perbedaan penilaian adibupura antara tahun 2018 dengan tahun 2022 ini, diantaranya, penilaian terhadap kemandirian masyarakat dalam mengelola sampah seperti Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS 3R) dan bank sampah.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia setiap tahunnya selalu mengkampanyekan ekonomi sirkular dari sampah tersebut.

“Yang dulu katanya sampah itu buruk, sekarang paradigmanya dirubah menjadi bernilai ekonomi,” tuturnya.

Tambahan informasi, Kabupaten Tanah Bumbu pernah meraih adipura tahun 2018, yang diterima Bupati Sudian Noor pada saat itu. (MAS)

Baca Juga :  Pelantikan Pejabat, Bupati Sampaikan Harapan Masyarakat Tanah Bumbu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.