Informasi Tajam dan Terpercaya

Fraksi DPRD Dorong Bank Kalsel Perbanyak Dukungan Sektor UMKM

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar diwakili Asisten Perekonomian Keuangan Pembangunan, Riduan mendengarkan pemandangan umum fraksi-fraksi tentang 3 buah Rencana Anggaran (Raperda) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Tanbu, Kamis (18/8/2022).

Adapun, 3 buah Raperda yang dibahas yakni tentang Penyertaan Modal Pemerintah Daerah pada Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Selatan yaitu Bank Kalsel, Pembentukan beberapa Desa, serta Penyelenggaraan Ketahanan Pangan dan Gizi.

Seluruh fraksi menyampaikan beberapa saran dan masukan, diantaranya untuk Raperda yang pertama yaitu agar mendorong Bank Kalsel untuk memperbanyak program yang mendukung pelaku usaha mikro kecil dan menengah, koperasi sehingga ikut meningkatkan perekonomian masyarakat sekaligus akan membawa peningkatan pendapatan asli daerah.

Kemudian Raperda kedua, apakah kriteria pembentukan desa dan persyaratannya sudah terpenuhi. Pihak fraksi juga meminta agar mengkaji secara optimal pemekaran desa tersebut demi perkembangan wilayah itu.

Desa-desa tersebut ialah di Kecamatan Karang Bintang ada Desa Karang Nunggal, Desa Hidayah Makmur, dan Desa Plajau Mulia. Di Kecamatan Simpang Empat ada Desa Kupang Berkah Jaya, Desa Sido Rejo, Desa Beruntung Raya, dan Desa Berkat Mufakat. Serta Desa Makmur Jaya di Kecamatan Satui.

Terakhir Raperda ketiga, agar pemerintah daerah menyiapkan sarana, prasarana dan teknologi penunjangnya. Serta menentukan jumlah cadangan pangan ideal dan tata pengelolaannya karena terkait dengan hajat hidup orang banyak.

Untuk diketahui, agenda Rapat Paripurna selanjutnya akan mendengarkan jawaban Bupati atas pemandangan umum fraksi-fraksi yang telah disampaikan tersebut.

Turut berhadir dalam Rapat Paripurna DPRD Tanah Bumbu tersebut, seluruh Pimpinan SKPD Tanah Bumbu, Forkopimda, Instansi vertikal, para asisten dan staf ahli, serta tamu undangan lainnya. (Jml)

Baca Juga :  Upacara Hari Kesaktian Pancasila dan Korban G30S PKI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.