Informasi Tajam dan Terpercaya

Baru Dilantik, Sekda Beri Tantangan IKMA Tanbu gelar Seminar

TANAH BUMBU – Sekretaris Daerah Tanah Bumbu, Ambo Sakka, memberi tantangan kepada IKMA Tanbu yang baru dilantik untuk menggelar seminar mengkaji ilmiah bersama Pemerintah Daerah.

“Sekali-kali hadirkan itu, yang ilmiah diseminarkan. Seperti diskusi ilmiah kah, bedah buku kah. Hadirkan di IKMA Tanah Bumbu itu,” kata Sekda Ambo Sakka di Ruang Rapat Bersujud, Kamis (18/8/2022) kemarin.

Diskusi ilmiah itu, lanjut Sekda, ini ilmunya luar biasa karena organisasi seperti ini yang dalam lingkup Tanah Bumbu diharuskan untuk responsive.

“Program kerja adik-adik sekalian disusun, itu nanti kolaborasi dengan Dinas terkait. Misalnya, kami ada bakti sosial sunatan massal pak. Ya sudah dengan Dinas Kesehatan,” tuturnya.

Menanggapi akan tantangan tersebut, Ketua IKMA Tanbu, Ahmad Maulana mengatakan tantangan Sekda ini terdengar sesuatu yang baru dan sepengetahuannya selama di IKMA, belum pernah diadakan program semacam itu.

“Namun kami merasa terhormat, karena mendapat tantangan dari beliau dan tidak menutup kemungkinan bisa kami kolaborasikan dengan Pemerintah Daerah karena pak Sekda menyampaikan secara langsung, ini akan membuat kami IKMA Tanah Bumbu ini merasa lebih percaya diri dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah dan bisa kami konsep nanti di rapat kerja,” kata Maulana.

Maulana menyebutkan, IKMA memiliki peran penting di masyarakat, salah satunya yakni membantu para mahasiswa dengan meringankan pembiayaan dalam perkuliahan.

“Peran IKMA itu secara tidak langsung sebenarnya membantu masyarakat, bagi yang sedang menjalani perkuliahan, baik itu di Tanah Bumbu sendiri atau diluar Tanah Bumbu yang masih dalam lingkup Kalimantan Selatan,” pungkasnya.

Dari hasil kepengurusan IKMA ini, lanjut Maulana memaparkan, telah tersedia asrama-asrama di daerah Banjarmasin dan Banjarbaru dimana disana terkenal dengan pusatnya perkuliahan di Kalimantan Selatan.

Baca Juga :  Pasang 200 Spanduk, Pemprov Kalsel Viralkan MTQN ke-29

“Jadi, disana tersedianya asrama itu untuk bisa membantu mahasiswa dalam meringankan pengeluaran sehingga bisa lebih hemat. Berbeda dengan ngekos kan lebih mahal, sedangkan dengan berasrama bisa mengurangi pengeluaran. Nah, disitu membantu masyarakat bagi yang memiliki anak sedang berkuliah,” terangnya.

Di lokasi yang sama, Sekretaris IKMA Tanbu, Muhammad Ilham Fadlillah menyebutkan program-program kerja IKMA Tanbu yang akan dijalankan selama satu tahun kedepan.

Adapun, secara garis besar IKMA Tanbu di kepungurusan ini, akan melaksanakan program kerja dimana berfokus membantu masyarakat Bumi Bersujud untuk jadi lebih baik.

“Nanti kami akan membuat sebuah proker pengabdian masyarakat, dalam proker itu kami akan mengusahakan untuk membantu masyarakat yang mana mengalami kesusahan,” kata Ilham.

Kemudian, IKMA Tanbu juga membuat semacam pelatihan, pelatihan ini untuk meningkatkan SDM di Tanah Bumbu. Meningkatkan skill, pengetahuan, serta wawasan.

“Ada juga berupa kajian dan informasi, nah disana kami akan melaksanakan proker semacam mengkaji suatu issu-issu terhangat di Tanah Bumbu dan issu itu akan kami sampaikan nanti di media sosial IKMA Tanah Bumbu untuk sebagai sarana informasi kepada masyarakat Tanah Bumbu,” tuturnya.

IKMA Tanbu berharap, kedepannya agar lebih dapat berkontribusi untuk membangun Tanah Bumbu yang lebih baik dan juga para mahasiswa Tanah Bumbu menjadi saling rekat antar sesama, solidaritas lebih ditingkatkan agar mudah dalam berkontribusi dan koordinasi dalam kepengurusan kali ini. (Jml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.