Informasi Tajam dan Terpercaya

HUT ke-72, Sahbirin Sebut Prestasi Pemprov Kalsel

TANAH BUMBU – Seluruh Kepala SKPD Kabupaten Tanah Bumbu menghadiri HUT Provinsi Kalimantan Selatan ke-72 melalui DLR lantai 4 Kantor Bupati Tanah Bumbu, Gubernur Sahbirin sampaikan perkembangan pembangunan Bumi Lambung Mangkurat, (16/8/2022).

“Atas nama pribadi dan atas nama keluarga, dan atas nama pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan tentunya, saya mengucapkan selamat hari jadi ke 72 provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022,” kata Sahbirin Noor sebelum menyampaikan perkembangan pembangunan daerah.

Menurutnya, Kalimatan Selatan yang saat ini berumur 72 tahun ibarat sosok bidadari yang siapa pun melihatnya akan tertarik.

“Begitu Indah, begitu nikmat, banyak yang bisa diambil di bumi Kalimantan Selatan ini, sehingga bangsa-bangsa lain mengincar kekayaaan Bumi Lambung Mangkurat,” kata Sahbirin mengisahkan daya tarik yang dimiliki oleh Provinsi Kalimantan Selatan bahkan sejak 350 tahun yang lalu, penjajah sudah lama mengincarnya. Namun rakyat Kalsel mampu mempertahankan wilayahnya.

Gubernur Kalimantan Selatan mengajak memaknai berbagai keberhasilan pembangun Provinsi Kalimantan selatan saat ini. Mulai dari keberhasilan bersama menghadapi pandemi Covid-19 sampai mampu melampaui target vaksinasi di atas 70 persen karena faktor kebersamaan.

“Kita melihat dan merasakan bersama bagaimana 2 tahun ini seluruh elemen di Provinsi Kalimantan Selatan saling bahu membahu dalam menangani pandemi Covid-19 selama dua tahun. Bagaimana perjuangan dan pengorbanan para tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam mengatasi pandemi, bagaimana mengarahkan kekuatan dan sumber daya yang dimiliki pemerintah daerah, TNI, Polri, dalam upaya percepatan vaksinasi covid-19,” terangnya.

Terpaan pandemi Covid-19 membuat Kalimantan Selatan harus mengalami kontraksi ekonomi hingga minus 1,8 persen akibat pandemi Covid-19, namun pada tahun 2021 kembali tumbuh secara perlahan pada level 3,48 persen.

Ia berharap tahun 2022 pertumbuhan ekonomi semakin baik, sehingga menjadi momentum percepatan pembangunan daerah yang memiliki visi Kalsel MAJU, Makmur, Sejahtera, dan Berkelanjutan.

Baca Juga :  Tekan Inflasi, Pemkab Tanbu Usulkan Pasar Murah di 12 Kecamatan

Kemajuan Provinsi Kalimantan Selatan selain ditopang oleh sektor pertambangan, juga berupaya meningkatkan sektor lain seperti pariwisata, industri manufaktur, pertanian, dan perkebunan, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Kabar lain yang menggembirakan, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami kenaikan dari level 69,05 persen tahun 2016 menjadi 71,28 tahun 2021.

Tak kalah menggembirakan, Kalimantan Selatan tahun 2021 memperoleh penghargaan tertinggi, literasi masyarakat Kalsel tertinggi di Indonesia. Namun kata Sahbirin, penghargaan ini bukanlah akhir dari mencerdaskan masyarakat, tetapi akan menjadi cemeti untuk lebih berdaya saing tinggi.

Perayaan HUT ke-72 Kalimantan Selatan juga diramaikan oleh pemain biola muda Velicia Arika Kafi, dan drama tari pendek berjudul ‘Perjalanan Anak Sungai.’ (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.