Informasi Tajam dan Terpercaya

Wisuda ke-26 STIMIK, ZA Harap Wisudawan Miliki Daya Saing

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar (ZA) selaku pimpinan yayasan diwakili Sekretaris Daerah, Ambo Sakka sampaikan orasi ilmiah pada wisudawan dalam rangka Dies Natalis XXX dan Wisuda XXVI STMIK Indonesia Banjarmasin di Hotel Banjarmasin International (HBI), Sabtu (5/8/2022).

Adapun, peserta wisudawan dan wisudawati berjumlah sebanyak 230 orang, terdiri dari program studi komputer akuntansi (D3) 1 orang, Sistem informasi (S1) 57 orang, dan Teknik Informatika (S1) Sebanyak 172 orang.

“Sebagai wisudawan dan wisudawati, dia memiliki tanggung jawab secara pribadi maupun kelembagaan. Tidak hanya berlaku di dalam kampus, tetapi di luar juga,” ucap Ambo Sakka.

Dia berpesan, agar wisudawan mempunyai kualitas, knowledge, attitude, dan daya saing.

“Hal itu agar para wisudawan dan wisudawati, mampu bersaing di dunia kerja nantinya,” tuturnya

Ambo Sakka mengaku, berdasarkan pengalamannya selama ini, untuk memperebutkan kuota CPNS saja perlu daya saing yang tinggi, sebab banyak berasal dari perguruan tinggi luar Kalimantan Selatan yang lulus seleksi CPNS dan P3K, terutama di Tanah Bumbu.

“Dalam memperebutkan kuota CPNS, itu jumlah yang mendaftar sebanyak 7.000.000 orang, yang diterima cuma 300 orang. Demikian juga dengan P3K, yang diterima cuma 70 orang, sedangkan yang mendaftar ada 1.000.000 orang, banyak yang lulus itu dari perguruan tinggi di luar Kalimantan Selatan,” terang Ambo Sakka.

Disebutkan, relasi juga sangat mempengaruhi ketika para wisudawan sudah bekerja nanti.

“Orang yang dekat dengan pejabat misalnya, seperti Bupati atau Sekda, cara kerjanya dan hubungan mereka akan jadi mudah, dan beda dengan orang yang tidak dikenal atau belum dikenal. Tapi itu harus diingat, bukan sebagai bentuk nepotisme tapi karena relasi memang bagus,” ungkapnya. (Jml)

Baca Juga :  Dispersip Tanbu Gelar Story Telling Bagi PAUD IT Dhia El Widad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.