Informasi Tajam dan Terpercaya
Daerah  

45 Rumah Warga di Desa Sungai Dua Laut Terendam Banjir

TANAH BUMBU – Sebanyak 45 rumah warga di Desa Sungai Dua Laut, Kecamatan Sungai Loban, Tanah Bumbu terendam banjir.

“Sampai saat ini, untuk terdampak banjir ada 45 rumah,” kata Tulman saat dikonfirmasi, Kamis (28/7/2022).

Kades Sungai Dua Laut Muhlis Anwar melalui Sekdesnya Tulman menyatakan, banjir disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi pada Rabu 27 Juli 2022.

Menurut Tulman, pada Rabu sore sampai malam banjir tersebut berketinggian mencapai 1 hingga 2 meter.

Sekdes Sungai Dua Laut tersebut menyebutkan, bahwa ada 2 warga berstatus sebagai nelayan mengalami kerusakan kapal yang parah diakibatkan terseret arus banjir.

“Malam tadi, ada 2 unit kapal warga Desa Sungai Dua Laut yang pecah akibat arus deras banjir,” ucap Sekdes.

Ia menambahkan, kondisi bangunan infrastruktur di beberapa RT Desa Sungai Dua Laut juga memprihatinkan, sebab bangunan tersebut mengalami berbagai kerusakan dan dikhawatirkan akan ambruk.

Adapun beberapa infrastruktur yang terdampak antara lain, Jembatan Beton RT 01 dengan kerusakan permukaan tanah yang berlubang.

Kemudian, Jembatan Ulin RT 04 dengan kerusakan tiang jembatan yang tergeser/goyang, dan Jalur Busman RT 03 dengan kerusakan batu base course yang larut terbawa arus. Sementara Jembatan Ulin Menuju Sawit RT 03 dengan kerusakan dasar tiang di sebelah barat yang terhentak/turun.

“Sekarang banjir sudah surut, karena air cepat mengalir ke laut,” ungkapnya.

Untuk penanganan banjir ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan pengamanan dan menyiapkan evakuasi warga yang terdampak banjir, serta melakukan monitoring terhadap titik-titik banjir.

Selain itu, BPBD juga menyerahkan bantuan sosial berupa sembako untuk warga Desa Sungai Dua Laut yang terdampak banjir. (Jml)

Baca Juga :  Kemenaker RI Tinjau Lokasi BLK Tanah Bumbu 10 Hektar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.