Informasi Tajam dan Terpercaya

TNI Segera Bangun Jalan 5.000 Meter dan Renovasi Rumah Warga

TANAH BUMBU – Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli memimpin upacara Pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke-114 Tahun 2022 di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu. Selasa (26/7/2022).

Dandim 1022 Tanah Bumbu Rahmat Trianto, menyampaikan salah satu tujuan dari kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa adalah membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat disamping tujuan meningkatkan kemanunggalan TNI dengan masyarakat.

Sasaran kegiatan ini, pertama pengerasan jalan sepanjang 5.000 meter, pemasangan gorong-gorong, dan renovasi rumah, renovasi musholla, dan kegiatan lainnya.

Rahmat Trianto menyebutkan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) memberikan batuan sebanyak 2,5 Miliar dalam pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa. TNI juga melibatkan Polri, dan organisasi masyarakat yang akan berlangsung selama 30 hari.

“Kegiatan ini kami laksanakan 30 hari ke depan, nanti akan ditutup lebih kurang tanggal 25 Agustus 2022. kami menurunkan 150 orang terdiri dari TNI, Polri, dan organisasi masyarakat,” katanya.

Menurut Rahmat Trianto, dalam setiap harinya akan menurunkan personel sebanyak 50 sampai 60 orang di Desa Sumber Arum, dimana posisi desa berada di daerah paling pojok Kecamatan Satui.

“Kita tahu Desa Sumber Arum ini adalah salah satu desa paling pojok di Kecamatan Satui dan mereka harus berjalan melalui hauling. Mereka harus berputar kurang lebih 15 kilometer. Sehingga selama ini jalan itu seperti jalan setapak yang dibangun oleh swadaya masyarakat,” katanya.

Jalan sepanjang 5000 meter yang akan dikerjakan oleh TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ini merupakan jalur warga desa, juga digunakan anak-anak sekolah menuju Desa Wonorejo.

Sementara itu Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli mendorong TNI tetap profesional dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab, dan bekerja sama membangun daerah.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Tanah Bumbu Tetap Raih Berprestasi

“Oleh karena itu, saya berharap melalui program TMMD ke-114 ini akan terbangun kerja sama antara TNI khususnya Kodim 1022 Tanah Bumbu dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. Dengan kita saling bersinergi tentunya akan mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah di Bumi Bersujud ini,” kata Muhammad Rusli Wakil Bupati Tanah Bumbu.

Lebih jauh, Muhammad Rusli menilai kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa bukan hal yang baru, akan tetapi sudah berjalan sejak lama dan merupakan salah satu program Bhakti TNI yang dilaksanakan secara terpadu, dan lintas sektoral bersama Kementerian, Pemerintah Daerah, serta komponen Masyarakat, sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

“Saya berharap sinergitas TNI dengan pemerintah daerah terus terjaga guna mewujudkan pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu,” ucapnya.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu Supiansyah turut hadir dalam upacara pembukaan tersebut, juga Kejari, Polres, Sekda, dan Kepala SKPD Kabupaten Tanah Bumbu. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.