Informasi Tajam dan Terpercaya

HUT ke-71 IBI, Sekda: Bidan Punya Peran Menurunkan Angka Kematian Ibu Melahirkan

TANAH BUMBU – Pengurus Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Kabupaten Tanah Bumbu menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 di Gedung Mahligai Bersujud Kapet, Rabu (6/7/2022).

Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka hadir bersama Ketua DWP Tanah Bumbu Hasnah Mashude Ambo Sakka, Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Setia Budi, serta tamu undangan lainnya.

Ambo Sakka mengatakan, bahwa begitu besarnya pengabdian bidan terhadap proses kelahiran bayi, sehingga angka kematian ibu dan bayi di Tanah Bumbu dapat ditekan. Selain itu, para bidan turut berperan dalam penurunan stunting di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kemarin angka stunting di Tanah Bumbu itu, mendapatkan angka yang terbaik di Kalimantan Selatan. Sehingga kami atas nama Pemerintah Daerah menyampaikan terima kasih karena itu merupakan pengabdian dari Ikatan Bidan Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, berkat bidan-bidan di Indonesia jugalah angka kematian ibu dan bayi bisa ditekan sehingga di Tanah Bumbu ini prestasi di bidang kesehatan itu cukup membanggakan.

Peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan (IBI) Indonesia yang ke-71 ini, mengusung tema Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju.

Diawali dengan pelantikan beberapa ranting yang dilantik oleh Ketua Ikatan Bidan Indonesia Tanah Bumbu, Misnawati Ramli. Adapun beberapa ranting yang dilantik yaitu Ranting Mantewe, Ranting Batulicin, Ranting Pagatan, Ranting Sebamban 1 dan Ranting Sebamban 2.

Menanggapi kebijakan Pemerintah Pusat tentang bidan yang berstatus honorer akan ditiadakan dan digantikan dengan yang berstatus Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Ambo Sakka mengharapkan, jika nantinya PPPK ini sudah mulai diterapkan ke daerah Kabupaten Tanah Bumbu maka mereka yang honorer bisa ikut berkompetisi dengan lebih baik lagi.

Baca Juga :  Anggota DPRD Tinjau Pengerasan Jalan Desa Sumber Arum

“Kan selama ini kan itu sesuai undang-undang, PPPK itu terbuka untuk umum. Oleh karena itu diharapkan mereka bisa berkompetisi lebih baik lagi sehingga yang lulus itu kalau bisa semuanya dari Tanah Bumbu, kami juga akan berusaha di tingkat Kabupaten bagaimana bisa memaksimalkan itu,” tuturnya.

Di Hari Ulang Tahun IBI Tanah Bumbu ke-71 ini Ambo Sakka berharap, IBI kedepannya menjadi lebih profesional guna memberikan pelayanan yang optimal, karena sebagai organisasi profesi yang mana sangat dibutuhkan perannya oleh kalangan masyarakat.

“Kedepannya, kami Pemerintah Daerah bersama IBI Daerah akan terus berkomitmen membantu para bidan dalam memberikan pelayanan dan berupaya meningkatkan kesejahteraan para bidan di Tanah Bumbu, serta memberikan yang terbaik untuk pelayanan kesehatan di Kabupaten Tanah Bumbu,” tutup Ambo Sakka. (Jml)

Respon (4)

  1. Masyaa Alloh .
    Allohu Akbar
    Tetap semangat dalam berdakwah .
    Belajar dan tanpa henti . berkarya itu pasti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.