Informasi Tajam dan Terpercaya

Beli BBM Bersubsidi Wajib Daftar, Sekda Tanbu: Subsidi Bagi yang Berhak 

TANAH BUMBU – Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka menyambut baik kebijakan pembelian Bahan bakar Minyak (BBM), yang mengharuskan menggunakan aplikasi.

Menurutnya kebijakan itu untuk kebaikan masyarakat guna menurunkan konsumsi BBM bersubsidi karena banyak yang menggunakan BBM bersubsidi yang bukan haknya.

“Kebijakan pemerintah pusat itu, sudah dipertimbangkan dengan matang, apa dampaknya pada masyarakat, kelebihannya seperti apa. Kalau kebijakan itu berdampak negatif tentu pemerintah tidak mungkin memberlakukan, hal itu supaya memudahkan pendataan, proses distribusinya bisa lancar, dan bagi yang berhak bisa mudah mendapatkan,” kata Sekretaris Daerah Tanah Bumbu Ambo Sakka. Selasa, (28/6/2022).

Sebelumnya pemerintah daerah melalui PT Pertamina Patra Niaga mewajibkan masyarakat mendaftar terlebih dahulu sebelum membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertalite dan Solar.

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, mengatakan masyarakat bisa melakukan pendaftaran di aplikasi digital My Pertamina dan website My Pertamina, aplikasi juga berfungsi mengetahui penyaluran BBM bersubsidi tepat sasaran.

“Kami menyiapkan website MyPertamina, yakni https://subsiditepat.mypertamina.id/ yang dibuka pada 1 Juli 2022, pihak kami berinovasi untuk melakukan uji coba penyaluran BBM bersubsidi itu bagi pengguna yang berhak mendapatkannya. Hal itu untuk memastikan mekanisme penyaluran agar dengan tepat sasaran.” ungkap Alfian, Selasa (28/6/2022).

Rencananya, Pertamina melakukan uji coba tahap awal di beberapa kabupaten kota. Diantarannya Sumatera Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Jawa Barat, dan Yogyakarta.

Area Manager Communication & CSR Regional Kalimantan, Satria Agus Susanto, mengungkapkan bahwa uji coba di Kalimantan Selatan berlaku di Kota Banjarmasin. Tahap selanjutkan akan diterapkan di Kabupaten Tanah Bumbu.

Dengan menggunakan aplikasi My Pertamina, masyarakat dapat memilih pembayaran secara kredit atau tunai.

“Ketika sudah terdaftar, masyarakat memiliki banyak opsi untuk pembayaran, mulai dari pembayaran tunai (uang cash), kartu kredit atau debit, ataupun pilihan non tunai lainnya. Pembayaran tidak terbatas hanya pakai MyPertamina,” jelas Satria.

Baca Juga :  Bapenda Tanbu Kejar Target PAD 2022

Pihaknya menjelaskan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu penyaluran BBM bersubsidi agar lebih tepat sasaran karena tercatat dengan baik dan transparan.

“Inilah yang kami harapkan, Pertamina dapat mengenali siapa saja konsumen Pertalite dan Solar subsidi dan tentunya melindungi masyarakat yang memang berhak mengonsumsinya,” katanya.

Satria menjelaskan tata cara pendaftaran sebagai berikut :
1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan (KTP, STNK, foto kendaraan, dan dokumen lainnya).
2. Buka website https://subsiditepat.mypertamina.id/
3. Klik daftar sekarang.
4. Ikuti instruksi dalam website.
5. Tunggu verifikasi selama 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan atau cek status pendaftaran di website secara berkala.
6. Apabila sudah terverifikasi, unduh atau download kode QR dari website dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina. (Jml)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.