Informasi Tajam dan Terpercaya

Catat, 7 Inovasi Layanan Dukcapil Tanbu 2022

TANAH BUMBU – Dinas Dukcapil Tanah Bumbu berinovasi dalam memberikan pelayanan terdepan bidang informasi kependudukan dan catatan sipil bagi masyarakat Serambi Madinah. Inovasi tersebut terangkum dalam 7 inovasi Dukcapil 2022.

Kadis Dukcapil Tanah Bumbu Gento Hariyadi mengatakan 7 inovasi itu adalah semuanya untuk mempermudah pelayanan masyarakat Serambi Madinah. Gunung Tinggi, Jum’at (24/6/2022).

1. Kamu Jodohku

Kamu Jodohku istilah yang digunakan untuk ‘Lengkapi Berkasmu,’ Tujuh Dokumen Ku Terbitkan). Layanan ini kerja sama dengan Kementerian Agama. Dukcapil mengeluarkan 5 dokumen yaitu, Kartu keluarga (KK), KK pasangan yang menikah, KK orang tua, KK mertua. Kemudian 2 dari Kementerian Agama yaitu Buku Nikah dan Kartu Nikah.

Ditambah KTP berstatus kawin dari pasangan pengantin laki-laki dan perempuan.

2. Hati Untukmu

Hati Untukmu yaitu ‘Serahkan Berkasmu di Dukcapil, Tunggu Dokumen Di rumahmu.’ Cukup melengkapi berkas, dan masyarakat boleh pulang tanpa harus menunggu berjam-jam di kantor Dukcapil, Petugas Dukcapil yang akan mengirim ke rumah tanpa dipungut biaya karena pemerintah daerah telah menanggungnya.

3. Si Kadal

Si Kadal ‘Sisir Kawasan Pedalaman.’ yaitu melakukan penyisiran di daerah pedalaman untuk memberikan pelayanan informasi kependudukan dan catatan sipil. petugas biasanya bermalam karna jarak tempuh yang jauh dan lintas jalan berat.

“Untuk ke lokasi pedalaman, kami naik trail karena tidak bisa dilalui roda empat. Mereka di pedalaman tidak butuh dokumen, tetapi kita pemerintahlah yang butuh dokumen mereka. Maka dari itu, pemerintah hadir di tengah-tengah masyarakat. Kita tidak lagi menunggu masyarakat datang, tetapi kita pemerintah yang hadir,” tutur Gento Hariyadi.

4. Dilan Amanah

Dilan Amanah yaitu ‘Dukcapil Melayani Perekaman Anak Sekolah.’ Dukcapil melakukan perekam kependudukan di sekolah-sekolah bagi usia 16 dan 17 tahun agar mereka nanti dapat menggunakan hak pilihnya tahun 2024, selanjutnya dukcapil terbitkan e-KTP.

Baca Juga :  Zairullah Azhar Sampaikan RAPBD Tanbu 2023 Sebesar Rp 1,412 Triliun

5. Silamis

Silamis atau ‘Sistem Layanan Informasi Otomatis’. Yaitu auto reply chating aplikasi whatsApp untuk menjawab pertanyaan terkait administrasi.

Sebagai contoh, ketika mengetik KIA maka auto reply WhatsApp akan menjawab otomatis persyaratan pembuatan KIA (Kartu Identitas Anak).

6. Penggoda Mas Didi

Penggoda Mas Didi ‘Pengecekan Golongan Darah Di Dinas Dukcapil.’ Dukcapil menyediakan pengecekan golongan darah tanpa harus ke rumah sakit. Layanan ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan.

7. PHP

PHP ‘Pemeriksaan HIV bagi Penduduk pendatang.’ Yaitu pemeriksaan bagi pendatang baru dari luar kabupaten dan provinsi yang ingin mengurus kependudukan, jika ditemukan HIV maka Dukcapil berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Itulah 7 inovasi Dukcapil Kabupaten Tanah Bumbu tahun 2022 untuk mendukung terwujudnya Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah. (MAS)

goodnews.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.