Informasi Tajam dan Terpercaya

Warga Kaltim Pelatihan Budidaya Udang Galah di Tanah Bumbu

Udang Galah

TANAH BUMBU – sebanyak 8 peserta dari Sentral Pembenihan Air Papuyu dan Air Laut dari Sebulu Kalimantan Timur mengikuti pelatihan budidaya udang galah di Balai Benih Ikan Pulau Salak.

Pelatihan yang dibuka oleh Kepala UPTD Balai Benih Ikan Pulau Salak, Fajar, menyampaikan pelatihan tersebut dimulai tanggal 5 Juni sampai 10 Juni 2022.

Kedatangan mereka ke Balai Benih Ikan (BBI) Pulau Salak untuk mendalami pembenihan udang galah yang menjadi salah satu program unggulan Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu.

“Mereka secara khusus datang ke Tanah Bumbu untuk belajar proses pembenihan udang galah dan budidaya untuk pembesaran,” jelas Rizwan.

Rizwan dari Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Tanah Bumbu menjelaskan, dalam pelatihan, peserta diperkenalkan
cara budidaya udang galah mulai dari proses persiapan, pemilihan induk, pemijahan, pemeliharaan larva, hingga proses pembesaran dan pemasaran.

“Peserta mendapat pengetahuan teori tentang tata cara budidaya udang galah dari pembenihan sampai pembesaran,” tambah Rizwan.

Selain teori, kegiatan pelatihan budidaya udang galah dilanjutkan dengan praktik Instalasi pembenihan udang galah di BBI Pulau Salak.

“Pelatihan budidaya ini bisa memperkuat eksistensi Balai Benih Ikan Pulau Salak di bidang pembenihan udang galah,” ungkapnya.

Ketua rombongan, Rifa’i, yang mengikuti pelatihan budidaya udang galah merasa puas dengan penjelasan dari BBI Dinas Perikanan Kabupaten Tanah Bumbu.

“Alhamdulillah ilmu yang disampaikan komplit, sangat mudah dipahami. Kami sangat bersyukur bisa mendapatkan ilmu langsung dari ahlinya,” puji Rifa’i.

Akhir-akhir ini, budidaya udang galah menarik perhatian masyarakat karna tidak terlalu sulit untuk budidaya pembesaran udang galah, khususnya masyarakat Tanah Bumbu.

Rizwan menjelaskan, udang galah saat ini memiliki prospek yang baik untuk dibudidayakan karena permintaan udang galah cukup tinggi. Oleh karena itu BBI Pulau Salak Kabupaten Tanah Bumbu akan menjadi pusat percontohan pembenihan udang galah Kalimantan Selatan.

Baca Juga :  Rusli: Ekonomi Pulih hanya dalam kondisi Aman dan Kondusif

Rencananya, untuk pengembangan benih udang galah, Dinas Perikanan Tanah Bumbu akan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan bantuan dana CSR perusahaan.

Desa yang sudah berhasil mengembangkan pembesaran budidaya udang galah di Kabupaten Tanah Bumbu adalah Desa Sepunggur Kecamatan Kusan Tengah dan Desa Manuntung Kecamatan Kusan Hulu. (MAS)

goodnews.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.