404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Wahyu Windarti Zairullah Lantik 5 Ketua TP PKK Kecamatan

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Zairullah Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, Wahyu Windarti Zairullah, melantik lima Ketua TP PKK Kecamatan di Gedung TP PKK Tanah Bumbu, Jalan Transmigrasi KM 4,5 Kecamatan Simpang Empat, Senin (18/3/2024).

Kelima Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan yang dilantik adalah Kecamatan Angsana, Kusan Hilir, Batulicin, Kuranji, dan Mantewe.

Pelantikan ini dihadiri para Camat, Ketua TP PKK tingkat Kecamatan dan Kelurahan, Pengurus TP PKK Kabupaten, dan undangan lainnya.

Wahyu Windarti Zairullah, dalam sambutannya, mengucapkan selamat dan sukses kepada ketua tingkat kecamatan yang baru dilantik.

“Selamat bertugas, semoga amanah yang diemban ini mampu menjadi sebuah pecutan untuk lebih berdaya dan bertanggung jawab serta bersinergi bersama dalam mewujudkan keluarga berkualitas, baik dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya dan ekonomi,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kontribusi kader-kader TP PKK dalam rangka mendukung program pemerintah terkait isu perempuan dan anak serta kesejahteraan keluarga.

“Terus bersemangat, berpartisipasi aktif dalam pembangunan di Tanah Bumbu yang kita cintai ini,” ucapnya memberikan semangat, dilansir dari media center Tanah Bumbu.

Selain acara pelantikan, kegiatan ini dirangkai dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemanfatan Limbah Keluarga. (E)

Lima Objek Wisata Tanbu Paling Banyak Dikunjungi

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Kabupaten Tanah Bumbu melalui Disbuporpor menyebut 5 objek wisata paling banyak dikunjungi di Tanah Bumbu.

Kepala Bidang (Kabid) Daya Tarik dan Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Parawisata (Disbudporpar), Ari Herlianto, menyampaikan ada 5 objek wisata paling banyak dikunjungi masyarakat, yakni Pantai Pagatan dan Masjid Ziyadatul Abror, Goa Liang Bangkai, Pantai Angsana, Pantai Rindu Alam, Pantai Batu Buaya. Senin (18/4/2024).

Meski objek wisata Tanah Bumbu banyak dikunjungi masyarakat tapi menurut Ari Herlianto, sampai saat ini, belum ada objek wisata yang dikelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) redup pengunjung apalagi gulung tikar.

Pemkab Tanah Bumbu pun memperhatikan penambahan sarana prasarana maupun pemeliharaan.

“Kita hanya menambahkan fasilitas, semua wisata terurus yang kami kelola, setiap tahun kami tambah sarana dan prasarana dari pemeliharaan dan pembangunan,” ucap Ari.

Di tempat-tempat wisata akan ditambahkan warung-warung kuliner. Untuk di Pantai Batu Buaya akan disediakan gazebo-gazebo sebagai tempat bersantai para pengunjung.

Kemudian di Pantai Rindu Alam akan diperbaiki fasilitas toilet, penambahan gazebo, pemeliharaan pintu gerbang, dan penambahan warung-warung kuliner kas daerah. (E)

Pemkab Tanbu Gelar HUT ke-21 Mulai 20 April-4 Mei 2024

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan menyelenggarakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 21 mulai tanggal 20 April 2024 sampai 4 Mei 2024.

Kepala Bidang (Kabid) Daya Tarik dan Destinasi Wisata Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanah Bumbu, Ari Herlianto, mengatakan masyarakat bisa menfaatkan momentum HUT Tanah Bumbu di Pantai Pagatan mulai tanggal 20 April 2024 secara gratis.

Selain objek wisata sepanjang pantai Pagatan, masyarakat juga dapatmengunjungi Goa Liang Bangkai di Desa Dukuh Rejo, Pantai Angsana di Desa Angsana, Pantai Rindu Alam di Desa Betung, Pantai Batu Buaya di Desa Sungai Cuka, Masjid Apung Ziyadatul Abror.

Ari Herlianto mengatakan dari kelima tempat wisata di Kabupaten Tanbu tersebut ada tiga destinasi menjadi andalan dan banyak dikunjungi wisatawan yakni Pantai Angsana, Pantai Rindu Alam, dan Pantai Angsana, Masjid Apung Ziyadatul Abror.

Ia berharap pada peringatan HUT Tanah Bumbu ke 21, masyarakat bisa menikmati liburan dan ikut merayakannya di Pantai Pagatan.

Sementara itu berkaitan dengan kunjungan wisatawan pada Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kabupaten melalui Disbudporpar menyiapkan petugas dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di tempat wisata, utamanya di objek wisata yang ramai dikunjungi.

“Untuk hari-hari besar tertentu bersama Pokdarwis dan desa setempat membentuk panitia untuk mereka kelola, dan sampai sekarang sudah berjalan dengan baik,” ucap Ari di kantornya, Senin (18/3/2024).

Ari memastikan akan terjadi lonjakan pengunjung selama acara Hari Ulang Tahun Kabupaten Tanbu tanggal 20 April sampai 4 Mei 2024.

Sebagai informasi umumnya setiap tempat wisata di Kabupaten Tanbu memiliki harga tiket masuk yang bervariasi. Pada hari biasa sekitar Rp 5.000 perorang dan pada hari libur Rp 7.000 dan hari-hari besar 10.000 rupiah. (E)

Pemkab Tanbu Sediakan Saluran Aduan Objek Wisata

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Jika wisatawan ingin menyampaikan aduan atau saran terkait objek wisata, dapat membuka kanal Prodigwis.web.id

Kepala Bidang (Kabid) Daya Tarik dan Destinasi Wisata, Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanah Bumbu, Ari Herlianto, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) memiliki kanal resmi tempat-tempat wisata dan pengunjung dapat menyampaikan aduan atau memberikan saran apabila mendapatkan layanan yang tidak baik.

Kanal tersebut berfungsi dengan baik sehingga tidak ada kendala apabila pengunjingan menyampaiakn aduan melalui Prodigwis.web.id.

“Sementara tidak ada kendala, karena secara berkala kami update terus data-datanya,” ucap Ari saat ditemui di ruang Bidang Destinasi, Dinas Kepemudaan Olahraga Dan Pariwisata (Disbudporpar) Tanbu, Senin (18/3/2024).

Menurutnya website tersebut dapat memberikan respon cepat. Nantinya petugas merespon cepat terhadap keluhan yang disampaikan wisatawan.

“Dengan website Prodigwis.web.id Tanah Bumbu, wisatawan bisa menyampaikan informasi saran maupun aduan terkait kepariwisataaan,” kata Ari. (E)

Pengajian Serambi Madinah: Wajib Niat Puasa Ramadhan Sebelum Fajar

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Niat puasa Ramadhan wajib diucapkan dari waktu malam hingga fajar atau sebelum fajar.

Hal itu disampaikan Guru Abdurrahman saat mengisi tausiah pengajian Serambi Madinah atau setelah shalat taubat, shalat dhuha, shalat hajat, di Pendopo Serambi Madinah, Kantor Bupati Tanah Bumbu, (18/3/2024).

Pengajian ini dihadiri Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, Tim Percepatan Pembangunan Tanah Bunbu, Sekda, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Dinas, Kepala Bagian, sampai staf Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

Guru Abdurrahman berharap puasa Ramadhan para jamaah pengajian dari hari pertama sampai hari ketujuh dapat diterima Allah SWT.

Ia menerangkan 2 rukun melaksanakan puasa Ramadhan, pertama, berniat melaksanakan puasa, kedua, meninggalkan perkara yang membatalkan puasa.

Niat bisa dilakukan sejak malam, dan puasa menjadi tidak sah jika tidak berniat sebelum waktu fajar.

”Dari terbenam matahari sampai terbitnya fajar, itu waktu niat,” ucap Ustadz Abdurrahman..

Rukun puasa yang kedua, yakni menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan puasa itu seperti menahan makan, minum, hingga jima.’

Guru Abdurrahman juga menyampaikan tanda-tanda puasa diterima Allah SWT diantaranya, setelah lepas Ramadhan seseorang lebih baik daripada sebelumnya. (E)

Zairuah Azhar Sebut Program Mencuci Kaki Ibu Mengharukan

Zairullah Azhar saat menyaksikan anak-anak mencuci kaki orang tuanya di Masjid Apung Ziyadatul Abror

Zairullah Azhar saat menyaksikan anak-anak mencuci kaki orang tuanya di Masjid Apung Ziyadatul Abror

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Zairullah Azhar, menyampaikan rangkaian Safari Ramadhan 2024 sangat luar biasa mulai dari buka puasa bersama, shalat magrib, shalat isya, shalawat tarawih, dan program anak mencuci kaki orang tua.

Ia menyebut program anak mencuci kaki orang tua sangat mengharukan, ibunya menangis, anaknya juga menangis.

Hal tersebut disampaikan sebelum melaksanakan shalat taubat, shalat dhuha, shalat hajat, tausiah, dan zikir bersama, di Pendopo Serambi Madinah, Kantor Bupati Tanah Bumbu, Senin (18/3/2024).

Ia menyakini dengan mencuci kaki ibu akan ada keajaiban-keajaiban, bahkan dalam waktu dekat akan terjadi hal luar biasa di Tanah Bumbu.

Dengan meriahnya kegiatan Safari Ramadhan, katanya, semakin menambah optimisme dalam mengemban amanah di Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu.

Kegiatan safari Ramadhan ini sebagai bentuk komitmen dan konsisten mencari jati diri, untuk mendekatkan diri kepada Allah sebagai solusi kehidupan.

Banyak bukti, dengan menemukan jati diri, Allah mengangkat derajat seseorang, dari keluarga broken menjadi keluarga yang baik, dari sosok sederhana menjadi kaya.

Zairullah juga menambahkan pada malam tanggal 20 April 2024 nanti bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Tanah Bumbu akan menghadirkan Habib Luthfi, dari Pekalong, juga Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Joko Widodo. (E)

Capres Punya Waktu 3X24 Jam Ajukan Gugatan ke MK

JAKARTA, Goodnews.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang memproses hasil perolehan suara Pilpres 2024. Hasil rekapitulasi nasional sudah rampung di 32 provinsi, tersisa 6 provinsi lagi, Minggu (17/3/2024). Pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul di 30 provinsi, dan berpeluang besar menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029.

Setelah penetapan hasil rekapitulasi nasional, Pasangan Capres atau pihak penggugat dapat mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Menurut Peraturan MK nomor 17 tahun 2009, perselisihan hasil pemilu presiden dan wakil presiden, permohonan pembatalan penetapan perolehan suara hasil pemilu presiden dan wakil presiden wajib diajukan ke MK 3×24 jam.

Dengan mengajukan Keterangan Saksi, Keterangan Ahli, Keterangan Para Pihak, Petunjuk, Informasi elektronik, Dokumen elektronik. (S)

Anggota DPRD Tanbu Hadiri Safari Ramadhan di Masjid Apung Ziyadatul Abror

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tanah Bumbu juga Ketua Fraksi PKB, Hasanuddin Murad, menghadiri acara Safari Ramadhan Bupati Tanah Bumbu di Masjid Apung Ziyadatul Abror, Sabtu malam (16/3/2024).

Masjid Apung Ziyadatul Abror ini berada di siring Pantai Pagatan, keindahannya banyak diakui pengunjung dari berbagai daerah yang singgah menikmatinya.

Masjid ini rencananya mulai Jum’at depan (22/3/2024) digunakan untuk pertama kalinya sebagai tempat shalat Jum’at.

Khusus penyediaan mimbar khotib, Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) Zairullah Azhar mambelinya dengan uang pribadi.

Setelah shalat tawarih, Bupati Tanbu Zairullah Azhar menyampaikan bahwa esensi puasa pada bulan Ramadhan adalah mengajarkan kesabaran, bagaimana membangun ketenangan dan kekhlasan batin.

“Yang tadinya tidak baik menjadi baik, semua nanti akan indah, barokahnya dari Allah Swt,” katanya.

Ia mengungkapkan setelah sukses membangun masjid di atas laut hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Tanbu dengan PT Baro Indobara (BIB), Pemerintah Daerah Tanbu akan melanjutkan pembangunan rest area di sekitar siring Pantai Pagatan. Pembangun ini nantinya diharapkan mendatangkan banyak wisatawan berkunjung ke Tanah Bumbu.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar juga menyampaikan tujuan safari Ramadhan, yaitu membangun silaturahmi dengan masyarakat, memberikan bantuan bagi orang tua jompo, anak yatim, bantuan program Satu Satu Desa Satu Masjid (SDSM), dan implementasi program membasuh kaki ibu.

Khusus program bagi anak-anak, ia berharap program itu nantinya menjadi tumpuan lompatan mereka bisa menggapai cita-cita dan sukses dalam kehidupan dunia dan akhirat.

Safari Ramadhan Bupati Tanbu ini akan mengunjungi 39 masjid dengan melibatkan semua para pejabat Pemerintah Kabupaten Tanbu, mulai dari Sekretaris Daerah, Komite Perencana Pembangunan Daerah, Staf Khusus Bupati, Staf Ahli Bupati, Asisten, Kepala Dinas, Kapala Bagian, dan staf. (MAS)

Ketua Fraksi PKB Tanbu Bersama Bupati Safari Ramadhan di Kusan Tengah

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Ketua Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tanah Bumbu, Hasanuddin Murad, ikut serta dalam safari Ramadhan Bupati Tanah Bumbu dan rombongan di Kecamatan Kusan Tengah.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar bersama Hasanuddin, dan rombongan pejabat Tanah Bumbu berbuka puasa bersama masyarakat di Masjid Muhtadin Desa Batarang.

Setelah shalat magrib di Masjid Muhtadin, rombongan melanjutkan perjalanan ke Masjid al Mukhlisin Desa Manurung melaksanakan shalat isya. Kemudian shalat witir di Masjid Darurrahmah Desa Sepunggur, Kecamatan Kusan Tengah.

Penceramah agama oleh Guru Abdurrahman menyampaikan nasehat-nasehat berkaitan amalan bulan suci Ramadhan dan berbakti kepada orang tua.

Sementara itu, Bupati Zairullah Azhar menyampaikan manfaat membasuh kaki orang tua sebagai bentuk penghormatan dan pengabdian kepada orang tua.

“Ada hadits yang mengatakan syurga ada di bawah telapak kaki ibu,” ucapnya, Jum’at malam (15/3/2024).

Menurutnya orang non muslim pun bila mengabdi kepada orang tua maka tuhan memberikan kemudahan jalan menuju kesuksesan.

Dengan pengabdian kepada orang tua maka membuat seseorang menjadi Menteri atau pengusaha besar. Ia menyebut salah satu Menteri Jokowi periode pertama, yakni Susi Pudjiastuti, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan.

Ibunya itu, kata Zairullah, sampai digendong ketika ia bawa berjalan. Itulah contoh karena pengabdian kepada orang tua sehingga dalam hidupnya mencapai kesuksesan-kesuksesan. Ia pun berharap anak-anak Tanah Bumbu juga nantinya bisa sukses karena hormat dan pengabdiannya kepada orang tua. (MAS)

Pemprov Kalsel Rumuskan Siapa Pengelola Aset Prioritas Daerah

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Selatan (Kalsel) membahas pengelolaan aset proyek strategis yang akan rampung pada tahun 2024, Kamis (14/3/2024).

Hadiri Kepala Biro Organisasi Kalsel, Galuh Tantri Narindra, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Kalsel, Rahmaddin, serta Tenaga Ahli Gubernur (TAG) diantaranya, Dr H Syaifudin, H Mawardi, Rizal Akbar Sarupi, Wahyuddin, Syamsul Rani, dan lainnya.

Proyek strategis Gubernur Kalsel tesebut adalah Tugu Pal Nol, Gelanggang Olahraga, Masjid Syech Muhammad Arsyad al Banjari di kawasan Perkantoran Pemprov Kalsel, serta Lapangan Golf Banjarbaru di Lapangan Dharma Praja Gor Hasanuddin.

Ketua TAG, H Noor Aidi, mengatakan, Gubernur Kalsel ingin Tugu Pal Nol diprioritaskan tanpa menyampingkan pembangunan infrastruktur lainnya.

Menurut H Noor Aidi, rencananya Tugu Pal Nol akan diresmikan Gubernur Kalsel, bertepatan dengan Hari Jadi ke 74 Provinsi Kalsel, bulan Agustus mendatang.

Setelah diresmikan, disekitaran Tugu Pal Nol nantinya akan diisi dengan pusat kegiatan UMKM rakyat.

Noor Aidi menyebut di area Tugu Pal Nol, ada eks Kantor Gubernur Banjarmasin rencananya dijadikan museum, nanti di dalamnya berisi sejarah pembangunan dan pemimpin di Provinsi Kalsel.

rapat di ruang PM Noor, Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru ini ia juga berharap Tugu Pal Nol dan proyek strategis lainya akan rampung pada tahun 2024 ini.

Sementara itu, Karo Biro Administrasi Pembangunan Setda Provinsi Kalsel, Gusti Rahmat, mengatakan, Gubernur Kalsel ingin pembangunan proyek strategis itu tidak terbengkalai setelah dibangun.

Kemudian, nantinya tidak lagi membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Dikatakanya pula, rapat membahas pola pengelolaan apakah melalui Unit Pelaksana Teknis, Badan Layanan Umum Daerah atau kerjasama dengan pihak swasta. Namun hal paling memungkinkan dilaksanakan adalah kerjasama dengan pihak ketiga karena opsi pengelolaan melalui UPT dan BLUD memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada rapat ini juga disepakati pembentukan tim menyiapkan peresmian hingga pengelolaanya. Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalsel, Muhammad Amin, ditunjuk sebagai Ketua Tim (E)

BPBD Tanbu Hadapi 5 Isu Lingkungan Tahun 2025

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Sulhadi, memaparkan 5 isu strategis saat membuka Forum Perangkat Daerah dalam rangka penyusunan Rancangan Awal Rencana Kerja (Renja) BPBD Tahun Anggaran 2025 di Gunung Tinggi, Kamis (14/3/2024).

Forum tersebut, dihadiri jajaran pejabat BPBD, Bappedalitbang, Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkimtan, Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan, Satpol PP dan Damkar, serta RSUD DHAAN.

Isu pertama, yakni tingginya ketidaksesuaian pemanfaatan ruang meningkatkan resiko bencana alam serta degradasi kualitas lingkungan hidup.

Kedua, keterbatasan penduduk rentan ekonomi terhadap akses permukiman yang sehat dan aman dari risiko bencana.

Ketiga, kesiap-siagaan masyarakat serta penanggulangan bencana dalam menghadapi bencana tergolong masih rendah.

Selanjutnya, efektivitas daerah dalam pencegahan bencana tergolong rendah.
Serta, keterbatasan anggaran dan perencanaan yang komprehensif mengenai rehabilitasi rumah terdampak bencana.

Untuk mengatasinya harus mempertimbangkan pengelolaan lingkungan dan prinsip-prinsip pengurangan risiko bencana.

“Lima poin tersebut merupakan program prioritas, untuk mewujudkan Kabupaten Tanbu sebagai daerah yang tangguh bencana,” Kata Sulhadi melalui media center Tanah Bumbu. (E)

Safari Ramadhan, Bupati Tanah Bumbu Kunjungi 3 Desa dalam Semalam

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id –  Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Zairullah Azhar, awali Safari Ramadhan 1445 H di Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, Kamis (15/3/2024).

Safari Ramadhan diawali dengan buka puasa bersama masyarakat, shalat maghrib, shalat isya, tarawih, dan witir. Safari Ramadhan ini menempati tiga desa dalam satu malam.

Pertama, Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar dan rombongan berbuka puasa bersama masyarakat di Desa Makmur Mulia.

Kemudian rombongan menuju Masjid Raudhatul Jannah, Sungai Danau, untuk shalat isya dan tarawih berjamaah.

Terakhir, shalat witir di Masjid Nurul Imam, Desa Sinar Bulan.

Pada setiap kunjungannya di masjid, Bupati Tanah Bumbu meminta dukungan kepada masyarakat agar mendukung program Satu Desa Satu Masjid (SDSM) terus dilaksanakan.

Zairullah Azhar menyampaikan bahwa program SDSM inj diharapkan dapat memberikan keberkahan terhadap masa depan anak-anak Tanah Bumbu.

Ditambah program Gerakan Cuci Kaki ibu sebagai wujud implementasi bakti anak pada orang tuanya.

“Gerakan Cuci Kaki Ibu ini harapannya orang tuanya bisa melihat anak-anaknya menjadi orang sukses. Karena berdasarkan pengalaman, banyak orang yang jadi kaya karena dia menghormati orang tuanya,” kata Bupati.

Pada kesempatan itu pula, Bupati menyerahkan bantuan program SDSM, santunan lansia, serta santunan anak yatim piatu. (E)

Gerakan Cuci Kaki Orang Tua Dimulai di Kecamatan Satui

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Gerakan Cuci Kaki Ibu mulai dilaunching secara massal di Kecamatan Satui, Tanah Bumbu, (14/3/2024). Secara bertahap akan dilaksanakan secara bergantian di setiap kecamatan.

Hadir Anggota Komite Perencana Pembangunan Daerah, Staf Khusus Bupati, Asiste, Staf Ahli Bupati, Muspika, tokoh agama, masyarakat, dan lainnya.

Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Zairullah Azhar, melaunching gerakan cuci kaki orang tua dimulai di Masjid Makmur Mulya, Desa Mulya Makmur, Kecamatan Satui.

Bupati Tanbu menyampaikan, prosesi cuci kaki ibu ini merupakan bentuk simbol bakti anak terhadap orang tua.

Dengan harapan, anak-anak mendapatkan keberkahan menggapai cita-citanya.

“Hal ini sudah pernah dilakukan oleh orang-orang sukses di negeri ini. Hal itu karena mereka rajin membersihkan kaki ibunya pada akhirnya mereka menjadi orang yang sukses,” kata Bupati Zairullah Azhar.

Bupati juga berharap kedepannya masyarakat dapat melihat anak-anak yang mencuci kaki orang tuanya sukses berkat baktinya kepada orang tua. Sukses tak hanya di dunia tetapi juga di akhirat. (E)

Pengajian Hikmah Ramadhan, Paman Birin Hadirkan Gus Miftah

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor atau Paman Birin, bersama Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah, akan menggelar Hikmah Ramadhan 1445 Hijriah di Gedung Mahligai Pancasila, Banjarmasin, Sabtu (16/3/2024).

Selain Gus Miftah, Hikmah Ramadhan juga menghadirkan Alimmul Fadhil Al Hafidz, KH Muhammad Wildan Salman dan Guru Ahmad Supian Al Banjari.

Paman Birin juga mengundang masyarakat umum untuk berhadir pada kegiatan keagamaan tersebut.

“Dalam suasana bulan puasa ini, ulun mengundang warga banua untuk mengikuti tausiah bersama Gus Miftah dalam Hikmah Ramadhan pada Sabtu malam di Mahligai Pancasila Banjarmasin,” ucap Paman Birin.

Acara akan diawali dengan shalat Isya dan Terawih berjamaah kemudian tausiah dari Gus Miftah.

Paman Birin mengatakan, puasa Ramadhan dapat meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT, sebab seseorang rela menahan lapar, haus, dan hal-hal yang membatalkannya demi mengharap pahala kepada-Nya.

Menurut Paman Birin, puasa akan mendatangkan kesehatan, baik pada hati maupun badan.

Puasa juga sangat bermanfaat untuk membuat badan menjadi lebih sehat, karena selama berpuasa kita makan dan minum secara teratur dan tidak berlebihan.

Sebelumnya, Paman Birin diketahui  rutin menggelar kegiatan keagamaan di Mahligai Pancasila seperti pembacaan manaqib Datu Kalampayan, Syekh Samman Al-Madani, Guru Sekumpul dan Khadijah Al-Kubra. (E)

Membasuh Kaki Ibu, Zairullah Azhar: Menanti Keajaiban

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan pelaksanaan program membasuh kaki ibu akan memberikan keajaiban kepada anak-anak yang melakukannya.

Hal itu disampaikan saat melakukan safari Ramadhan di Masjid al-Mukhlisin Desa manurung diikuti para pejabat terdiri dari Anggota Komite Perencana Pembangunan Daerah, Staf Khusus Bupati, Kepala-kepala Dinas, dan staf Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Jika semua anak seperti itu menghormati kepada orang tua, mencuci kaki ibunya, maka subhanallah pasti ada keajaiban,” ucapnya, Jum’at malam (15/3/2024).

Secara khusus, katanya, ia menyaksikan dan merasakan sesuatu yang sangat luar biasa, memberikan penghormatan kepada orang tua dapat merubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Ia pun mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu dan anak-anak yang datang ke masjid menjadi model dalam prosesi anak membasuh kaki orang tua, sebagai tradisi baru di Tanah Bumbu, anak mengabdi kepada orang tua.

Selanjutnya berkaitan dengan pembangunan Tanah Bumbu, ia menyampaikan Tanah Bumbu punya prinsip perjuangan dengan silaturahmi.

Ia menjelaskan bahwa silaturahmi itu ada rasa cinta dengan masyarakat sehingga membangun kebersamaan dan kekeluargaan.

Kumpul bersama tanpa ada perbedaan, pejabat sama dengan masyarakat, karena pemimpin itu adalah pelayan ‘al-imamu khadimul ummah.’

Pada akhir acara safari Ramadhan di Masjid al-Mukhlisin, Bupati Zairullah Azhar menyerahkan bantuan bagi program Saru Desa Satu Masjid (SDSM) dan hibah untuk perbaikan masjid al-Mukhlisin di Desa Manurung. (MAS)

Penanganan ODGJ Harus Didampingi Keluarga

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Penanganan Orang Dalam Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) tak cukup hanya dibina Dinas Sosial Tanbu tetapi harus didampingi keluarga.

Upaya menanggulangi masalah ODGJ dan orang dengan masalah kejiwaan (ODMK) sangat membutuhkan partisipasi keluarga dan lingkungan sekitar tempat tinggal mereka.

Menurut Kepala Dinas Sosial Liana Hamida melalui Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial, Maulidah, saat ditemui di Dinas Sosial Tanbu, Jumat (15/3/2024). Ada berbagai macam faktor penyebab orang tergolong ODGJ atau ODMK. Mulai dari faktor ekonomi, faktor lingkungan, trauma, hingga napza.

Selain faktor tersebut, tambah Maulidah, bisa juga dipengaruhi minimnya pemahaman penanganan tentang ODGJ atau ODMK sehingga kondisi ini semakin parah.

”Bisa jadi, awalnya mereka ODMK, lalu menjadi ODGJ karena tidak diberi obat saraf karena mungkin minimnya edukasi penanganan ODGJ di masyarakat sehingga mereka tidak ditangani secara tepat,” ucap Maulidah.

Secara umum, ODGJ atau ODMK yang terjaring di jalanan akan melalui proses tahapan pembinaan sampai mereka dianggap bisa kembali ke masyarakat.

Dinsos berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan agar nanti dari Poliklinik Jiwa bisa pemenganinya, kemudian dibawa ke RSUD agar mendapat rujukan, sebelum dibawa ke Sambang Lihum.

Masih banyak masyarakat berstigma negatif pada para ODGJ atau ODMK. Padahal mereka sama seperti orang normal juga memiliki perasaan hanya saja mereka bermasalah pada kejiwaan. (E)

Bupati Zairullah: Habib Luthfi Akan Datang ke Tanah Bumbu

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menyampaikan Habib Luthfi akan datang ke Tanah Bumbu mendoakan masyarakat Tanah Bumbu agar semakin berkah.

Hal itu disampaikan sebelum melaksanakan shalat taubat, shalat dhuha, shalat hajat, tausiah, zikir bersama, di Pendopo Serambi Madinah Kantor Bupati Tanah Bumbu pada Jum’at pagi (15/3/2024).

Informasi kedatangan Habib Luthfi ke Tanah Bumbu disampaikan setelah Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menemuinya di rumahnya, Lamongan, pada hari Rabu (13/3/2024).

Selanjutnya, ia menyampaikan program baru pemerintah daerah yakni membasuh kaki orang tua mulai dilaksanakan di tiga desa di Kecamatan Satui pada Kamis malam (14/3/2024), dan akan berlanjut di desa-desa yang dikunjungi dalam safari Ramadhan.

Menurut Zairullah, kegiatan membasuh kaki orang tua sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada orang tua.

“Tiga hal yang bisa dilakukan seorang ibu tapi tidak bisa dilakukan seorang ayah, yakni mengandung, melahirkan, dan menyusui,” ucap Zairullah Azhar.

Membasuh kaki orang tua merupakan perbuatan mulia untuk menunjukkan derajat dan kemuliaan orang tua terhadap anak-anaknya.

Karena sesungguhnya, katanya, keridhaan Allah itu tergantung pada keridhaan kedua orang tua, dan kesuksesan seorang anak akan tercapai manakala ia memuliakan orang tuanya. (E)

Pengajian Serambi Madinah: Ramadhan Istimewa dari Bulan Lainnya

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Ustadz Hidayatullah menyampaikan Bulan Ramadhan adalah bulan yang istemewa, berbeda dengan bulan-bulan yang lain.

Setiap mukmin yang menjalankan ibadah di bulan suci Ramadhan perlu memahami tata cara melaksanakan puasa itu sendiri.

“Kita ketahui bersama, bahwa hanya di bulan suci Ramadhan ibadah kita pahalanya dilipat gandakan oleh Allah SWT,” jelas Ustadz Hidayatullah saat memberikan tausiyah di Pendopo Serambi Madinah, Kantor Bupati Tanah Bumbu (Tanbu), Jumat (15/03/2024).

Menurutnya, Bulan Ramadhan merupakan bulan investasi pahala, berlimpah barokah, rahmat, dan pengampunan.

Oleh karena itu, orang mukmin harus memanfaatkanya secara maksimal dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah serta kegiatan yang bernilai pahala.

Selain Allah melipatgandakan pahala di bulan Ramadhan, sebutnya, orang-orang beriman juga harus menjaga diri dari hal-hal yang dapat menggugurkan pahala atau merusak nilai puasa.

Pengajian Implementasi Serambi Madinah dari hari Senin sampai Jum’at ini dihadiri Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, pejabat dan staf Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu setiap pukul 08.00 WITA. (E)

Bupati Buka Bazar Ramadhan dan Food Festival 2024

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu), mengapresiasi Bazar Ramadhan dan Food Festival 2024 diselenggarakan PT Borneo Indobara (BIB), sebagai bentuk mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bumi Bersujud.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Bupati Tanbu, Zairullah Azhar, diwakili Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, Eryanto Rais, Rabu (13/3/2024).

Dalam sambutan Bupati, dibacakan Eryanto Rais, mengatakan, kegiatan ini menjadi wadah edukasi dan kreatifitas bagi warga setempat, serta mendorong pengembangan UMKM.

Bazar seperti ini patut dicontoh oleh perusahaan lain sebagai wujud pengembangan masyarakat, karena edukasi dan wadah yang di berikan sangat bermanfaat.

Dengan adanya pengembangan yang serupa, masyarakat dapat lebih kreatif dan usahanya dapat dikelola oleh warga sendiri.

“Harapannya dapat menjadikan UMKM Center berkembang lebih besar dan dapat menjadi pusat khas UMKM Tanbu,” ucapnya.

Adapun Bazar Ramadhan dan Food Festival 2024 bertempat di UMKM Center Jalan Provinsi KM 190, Kecamatan Angsana, sebagai bentuk kepedulian terhadap pengembangan masyarakat sekitar.

Bazar Ramadhan dan Food Festival 2024 akan berlangsung selama ramadhan dan melibatkan masyarakat sekitar untuk pengembangan bisnis dan usaha. (E)

Pasar Murah Masih Jadi Andalan Tahan Laju Inflasi

TANAH BUMBU, Goodnews.co.id – Rapat Koordinasi (Rakoor) Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2024 kembali digelar Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Rabu (14/3/2024).

Rapat tersebut dipimpin Irjen Kemendagri, Tomsi Tohir, dihadiri jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanah Bumbu (Tanbu) dan kabupaten kota seindonesia, melalui zoom meeting.

Terkait inflasi, Tomsi Tohir, meminta agar Kepala Daerah meningkatkan atau melaksanakan gerakan menanam.

Sampai saat ini, kegiatan operasi pasar murah  masih memberikan dampak signifikan terhadap penurunan harga.

Sementara itu, terkait dengan pengendalian inflasi di daerah, Pemkab Tanbu sudah melaksanakan pasar murah dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) jelang Ramadan 2024.

“Pasar Murah sudah dilaksanakan di 12 Kecamatan se-Kabupaten Tanah Bumbu. Mulai 19 Februari sampai 7 Maret 2024 kemarin,” kata Tomsi Tohir dilansir dari media center Tanah Bumbu.

Sedangkan untuk harga dan ketersediaan barang kebutuhan pokok di gudang distributor masih cukup stabil.

Rakoor Pengendalian Inflasi Daerah kali ini merupakan yang pertama pada bulan Ramadhan. (E)