Informasi Tajam dan Terpercaya

Zairullah Ingin Munculkan Tokoh dari Masjid

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, berharap masjid yang ada di desa-desa adalah bangunan terindah, dan memakmurkan mesjid dengan kegiatan pembelajar bagi anak-anak di waktu siang dan malam hari. Rabu (20/4/2022).

Safari Ramadhan Bupati Tanah Bumbu hari ini di masjid Miftahul Khair Desa Sungai Rukam berbuka puasa dan sholat magrib bersama masyarakat, dilanjutkan safari Ramadhan di masjid Darul Hikmah Desa Manuntung Kecamatan Kusan Hulu melaksanakan sholat isya dan tarawih.

Zairullah Azhar punya pandangan bahwa masjid bisa melahirkan anak-anak yang pintar dan cerdas dengan menggunakan masjid sebagai sentral kegiatan bagi anak-anak.

Ia mengambil contoh masjid yang ada di Sumatra, di sana ada kisah anak-anak lebih banyak menggunakan waktu di masjid, baik di waktu siang dan malam hari.

Saat mereka besar dengan nilai-nilai yang mereka dapatkan di masjid mampu mendorong mereka menjadi orang-orang penting bahkan ada yang menjadi Menteri dan Wakil Presiden.

Media goodnews.co.id mencoba melakukan penelusuran melalui mesin pencari informasi yaitu google.com.

Hasilnya, ada sebuah tempat yang menjadi tempat pendidikan Islam, yang di sana banyak melahirkan tokoh-tokoh besar seperti Bung Hatta, Hamka, dan Agus Salim, Syeckh Ahmad Khatib al-Minangkabawi yang pernah menjadi mufti Imam Syafi’i dan Imam Masjid Makkah.

Berabad-abad yang lalu, tempat itu disebut oleh orang Belanda sebagai Indische Scholen yaitu sekolah melayu. Hal ini menunjukkan tempat itu sangat terkenal, sampai-sampai orang-orang belanda ambil bagian untuk menggambarkan aktifitas yang ada di sana.

Kenyataan tersebut diperkuat dengan data-data yang dimiliki oleh Belanda dalam menjelaskan pesatnya pendidikan di Minangkabau pada masa itu.

Zairullah Azhar punya misi besar terkait dengan itu, yaitu membangun sumber daya manusia (SDM), ia menyadari bahwa hasil pembangunan SDM tidak langsung dapat dipetik, butuh waktu 10 tahun bahkan 100 tahun yang akan dapat.

Baca Juga :  Zairullah Rubah Kebiasaan Nenek Moyang pada Pesta Laut Mappanretasi

Meski demikian, hanya dengan cara membangun SDM maka Kabupaten Tanah Bumbu akan lebih maju dan mampu bersaing di level nasional. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.