Informasi Tajam dan Terpercaya

Desa Karang Rejo Minta Bantuan Pengerasan Jalan Tani

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu melakukan buka puasa bersama di Desa Karang Rejo Kecamatan Karang Bintang, diikuti semua SKPD, Tim Percepatan Pembangunan Daerah, Camat, Kepala Desa, dan masyarakat setempat. Rabu, (6/4/2022).

Acara buka puasa bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu dan masyarakat Desa Karang Rejo di masjid Raudlatul Jannah. Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu merupakan wujud dari visi misi membangun Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah.

Dalam Konsep Serambi Madinah, pembangunan diarahkan pada kondisi yang aman, damai, nyaman, dan silaturahmi dengan masyarakat, sebagai kegiatan untuk mendengarkan saran dan masukan pembangunan daerah yang dimulai dari desa-desa.

Safari Ramadhan juga dilakukan agar tumbuh rasa kasih sayang antara pemerintah daerah dan masyarakat sehingga penduduk langit pun menyayangi Tanah Bumbu karna penduduknya saling menyayangi.

Zairullah Azhar mengutip hadits nabi, “sayangilah makhluk yang ada di bumi maka makhluk langit akan menyayangi kamu,” terangnya.

Zairullah Azhar pun memperhatikan dan akan membantu Kepala Desa Karang Rejo, Bina Wafili, yang mengajukan usulan pengerasan jalan tani agar hasil panen tani masyarakat Desa Karang Rejo dapat diangkut dari lokasi pertanian menuju jalan desa.

Kepala Desa, Bina Wafili, beralasan bahwa hampir 70 persen masyarakat yang berpenghasilan dari hasil tani merasa kerepotan saat mereka mengangkut hasil panen sehingga jalan tani sepanjang kurang lebih 2,5 kilometer dapat diperbaiki.

Tak lupa, Bina Wafili juga menyampaikan kondisi pengaspalan jalan lingkungan desa Karang Rejo, karena menurutnya, jalan lingkungan desa baru 400 meter yang sudah diaspal.

“Jalan desa kami memiliki jalan lingkungan 3200 meter. Alhamdulillah sudah teraspal 400 meter.” lapornya.

Baca Juga :  Zairullah Minta Dukungan Wujudkan Ahli-Ahli Qur’an

Ia pun meminta agar pengaspalan jalan lingkungan Desa Karang Rejo rampung di tahun 2023.

“Jadi kami berdoa, memohon kepada Allah Swt dan kepada Bapak Bupati, mudah-mudahan di tahun 2023 nanti, program prioritas desa kami bisa teraspal semua.” harapnya.

Selanjutnya berkaitan dengan Taman pendidikan al-Qur’an (TPA) di Masjid Raudlatul Jannah, ia menyampaikan santri TPA masjid Raudlatul Jannah berjumlah 122 santri aktif. Kemudian santri TPA di RT 3 berjumlah 56 santri.

Setiap tahunnya, anak-anak yang baru belajar baca tulis qur’an sampai khatam qur’an berjumlah sekitar 40 sampai 50 santri. Sebagai catatan bahwa sejak tahun 2015 sampai awal tahun 2022, TPA telah mengantarkan anak-anak khatam qur-an sebanyak 395 santri.

Selain itu, Desa Karang Rejo sedang berusaha membangun pesantren agar generasi Desa Karang rejo semakin islami.

“Mudah-mudahan pesantren ini bisa membawa generasi Desa Karang Rejo lebih islami kembali.” ungkap Bina Wakili.

Sementara itu, Camat Kecamatan Karang Bintang, Syafruddin, menyampaikan dalam sambutannya, silaturahmi Bupati Tanah Bumbu dan masyarakat sebagai wujud visi misi Serambi Madinah dan agar dapat menumbuhkan kegiatan keagamaan di desa-desa.

“Mudah-mudahan kegiatan keagamaan kita di Tanah Bumbu, khususnya di desa Karang Rejo, bisa berjalan dengan baik sesuai yang kita rencanakan,” tuturnya.

Acara Safari Ramadhan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu bersama masyarakat juga dilakukan penyerahan bantuan dan santunan kepada anak yatim dan orang tua jompo.

Dana yang digunakan, selain dari bantuan pribadi Bupati Tanah Bumbu juga terdapat bantuan dana dari Baznas Tanah Bumbu dan pegawai di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.