Informasi Tajam dan Terpercaya

IKM Centre Hasanah Dorong Promosi Produk Lokal

Avatar photo

TANAH BUMBU – IKM Center Hasanah resmi dibuka, peluang promosi produk lokal dan penyempurnaan kemasan semakin mudah.

Ketua Dekranasda (Dewan Kerajinan Nasional Daerah) Kabupaten Tanah Bumbu, Wahyu Windarti Zairullah Azhar menyampaikan pentingnya keberadaan Rumah Kemasan untuk membantu pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sehingga keberadaan rumah kemasan akan memperbaiki produk dan penjualan usaha kecil masyarakat.

“Ini sebenarnya UKM yang produksi kemasannya kurang bagus, masih plastik biasa, nanti kami sempurnakan.” Harap Wahyu Windarti.

Papan Nama IKM Centre Hasanah

Ia pun meminta kepada Bupati Tanah Bumbu, Abah Zairullah Azhar agar dapat menyediakan mesin untuk dapat membantu pelaku usaha di Tanah Bumbu, utamanya pelaku usaha kecil.

“Jadi kemasannya yang belum bagus kami sempurnakan pak, agar masyarakat tertarik membeli, oleh karena itu kemasannya yang harus diperbaiki.” Tambah Wahyu Windarti.

Selanjutnya, berkaitan dengan kain tenun pagatan yang menjadi kekayaan budaya tenun masyarakat Tanah Bumbu, Ia berharap Bupati Tanah Bumbu dapat membudayakan kembali memakai baju tenun Pagatan bagi pegawai setiap hari Kamis, sebagai penghargaan terhadap karya budaya leluhur.

Rumah Kemasan ini juga menyediakan pameran produk-produk lokal masyarakat seperti baju, celana, tas, dompet, perhiasan, dan makanan ringan.

Lokasi tempat Rumah Kemasan sangat strategis dan mudah dijangkau. Jika pengunjung berada di lampu merah simpang empat Kecamatan Simpang Empat, maka pengunjung dapat melihat bangunan Rumah Kemasan berjarak sekitar 15 meter.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (KUMPP), Deny Hariyanto, menyampaikan bahwa bangunan Rumah Kemasan tersebut adalah perjuangan Bupati Abah Zairullah Azhar untuk membantu perekonomian masyarakat.

Ia menceritakan bahwa sejak Tanah Bumbu berdiri, baru kali ini ada bangunan gallery megah dengan anggaran 1,5 miliar dari APBN di atas lahan lebar 20 meter dan panjang 50 meter.

Baca Juga :  Tandatangani MoU, Pemkab Tanbu Percepat Tangani Keluhan dan Laporan Masyarakat

Ia berharap tempat ini menjadi ajang promosi produk kerajinan atau UMKM Tanah Bumbu. Dan mengajak setiap tamu yang datang ke Tanah Bumbu mengunjungi Rumah Kemasan atau IKM Centre Hasanah yang menyajikan ratusan produk lokal Tanah Bumbu.

Denny menyampaikan sebagai dinas leading sektor yang menggerakkan UMKM, terus berinovasi secara konstruktif dalam mempromosikan produk lokal yang dapat mendukung terhadap pertumbuhan ekonomi.

Sambutan Bupati Abah Zairullah Azhar, mengenai inovasi yang telah dikembangkan oleh semua SKPD sampai saat ini, ia berharap agar terus bersama-sama berjuang membangun Tanah Bumbu dan meningkatkan perekomian masyarakat.

“Yakinlah bahwa apa yang dilakukan hari ini adalah jalan terbaik untuk kepentingan kelanjutan pembangunan kabupaten Tanah Bumbu yang kita cintai bersama ini.” tutur Abah Zairullah.

Turun hadir dalam acara peresmian Rumah Kemasan atau IKM Centre Hasanah, para Ibu PKK, Ketua DPRD Tanah Bumbu, Supiansyah ZA, Forpimda, Kepala SKPD, Tim Percepatan Pembangunan Daerah, dan pelaku usaha. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *