Informasi Tajam dan Terpercaya

Pelukis Mural Ekspresikan Serambi Madinah Tanah Bumbu

TANAH BUMBU – Dinas Perkimtan Kabupaten Tanah Bumbu memulai lomba melukis mural dengan media tembok pagar Kawasan Pantai Kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir.

Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Tanah Bumbu mengadakan lomba melukis mural sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Tanah Bumbu ke 19, yang dihadiri sponsor dari cat mowilex, Jotun, anggota DPRD, dan tokoh Pagatan.

Ia mengungkapkan bahwa kegiatan ini adalah implementasi dari komitmen untuk mewujudkan Serambi Madinah, mempromosikan daerah melalui lukisan mural dengan tema seribu warna, seribu keindahan, menuju Serambi Madinah.

Pembukaan Lomba Melukis Mural di Pantai Pagatan
Pembukaan Lomba Melukis Mural di Pantai Pagatan

Tujuan melaksanakan kegiatan ini adalah memberikan edukasi kepada pemuda dan masyarakat, juga sebagai upaya menghilangkan kesan kumuh pada lingkungan pemukiman atau perumahan.

Selain itu, lomba ini menjadi ajang silaturahmi bagi komunitas pelukis mural di tingkat Kalimantan Selatan dan memberikan ruang bagi pelukis untuk mengekspresikan ide dan gagasan melalui lukisan.

Peserta yang hadir dalam perlombaan melukis mural sebanyak 20 tim pelukis, mulai dari warga Tanah Bumbu, warga Kalsel, dan dari Jawa Timur juga datang bertanding menunjukkan kemampuan mereka melukis di atas media dinding yang berada di kawasan wisata Pantai Pagatan.

Acara yang dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar, Ansyari Firdaus melaporkan peserta yang mengikuti lomba lukis mural

“Abah (Zairullah), peserta ini ada dari Mojokerto, Jawa Timur. Pelaihari Kabupaten Tanah Laut, Banjarbaru, Rantau, Tanjung. Alhamdulillah jumlah peserta melebihi dari yang kita harapkan.” Kata Ansyari Firdaus.

Adapun hadiah yang disediakan oleh panitia, berjumlah puluhan juta rupiah, mulai dari hadiah utama, juara dua, dan tiga Juara harapan satu, dua, tiga. Serta empat hadiah bagi yang masuk dalam kategori lukisan mural favorit.

Baca Juga :  Dinas KUMP2 Tanbu Setiap Hari Pantau Harga Bahan Pokok

Sebagai ketentuan dalam melukis mural bertema ‘Seribu Warna, Seribu Keindahan, Menuju Serambi Madinah,’ “mungkin nanti akan menggambarkan Kota Madinah, toleransi, keragaman, dituangkan dalam lukisan.” Kata Firdaus saat wawancara dengan media goodnews.co.id.

Lomba melukis mural, berhadiah puluhan juta rupiah ini, dimulai jam 08.00- 17.00 wita pada hari ini Sabtu, (26/3/2022).

Setelah perlombaan selesai, kesepuluh nominasi akan memberikan persembahan spesial berupa lukisan mural sebagai kenang-kenangan bagi Kabupaten Tanah Bumbu.

Ke depan, Kata Ansyari Firdaus, akan melaksanakan kegiatan melukis mural setiap tahunnya dan menjadikan media yang ada untuk menghilangkan kesan kumuh.

“Insya Allah kita mulai, kita akan melaksanakan kegiatan setiap tahun, mungkin nanti ada kegiatan yang tembok atau media lain, yang bisa kita ekspresikan, sehingga dapat memberi manfaat dan menghilangkan kesan kumuh.” tuturnya. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.