Informasi Tajam dan Terpercaya

Tanah Bumbu Akan Jadi Pemasok Beras IKN

TANAH BUMBU – Plt Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu, Hairuddin, akan menyiapkan 100.000 lahan baru untuk memasok kebutuhan padi atau beras bagi Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) di Panajam.

Menurutnya Tanah Bumbu sedang mempersiapkan lahan persawahan dan perikanan yang baru.

“Kita menyiapkan lahan 100.000 lebih lahan persawahan baru dan pertanian.” Kata Hairuddin.

Saat ini, Tanah Bumbu telah memiliki lahan garapan sawah 22.343 hektar sedangkan luas lahan pangan lainnya 16.535 hektar.

Jokowi mengunjungi lahan persawahan Tanah Bumbu
Jokowi mengunjungi lahan persawahan Tanah Bumbu

Hairuddin menyampaikan bahwa Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mendapat amanah khusus dari  Bupati Tanah Bumbu, Abah Zairullah, untuk mengembangkan perekonomian wilayah maritim dan agro industri.

“Seperti kita ketahui bersama pemerintah daerah terus melakukan upaya regenerasi petani, baik melalui peningkatan kualitas pendidikan tinggi maupun modernisasi pertanian.” ucapnya. Rabu (23/3/2022).

Dengan melakukan regenerasi dan modernisasi pertanian maka akan membuka lapangan kerja baru, peningkatan minat wirausaha pertanian, produksi pagi sawah atau beras juga akan meningkat.

Dengan demikian, perekonomian akan terus meningkat dengan pengelolaan potensi maritim dan agro industri di bidang pertanian.

Sebelumnya, Abah Bupati Zairullah Azhar pernah menyampaikan kesiapan Tanah Bumbu untuk menjadi pemasok padi IKN Nusantara.

“Untuk memuluskan rencana itu, kita akan menyiapkan 100.000 hektar lebih lahan persawahan baru,” ujar Zairullah Azhar dikutip dari Kompas.com, Senin (21/3/2022). (MAS)

Baca Juga :  Gelar Story Telling Bersama Komunitas Kampung Dongeng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.