Informasi Tajam dan Terpercaya

Lurah Kota Pagatan Nyatakan Siap Jadi Desa atau Kelurahan Terbaik

Avatar photo

TANAH BUMBU – Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan dengan tema ‘Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh,’ melombakan Desa terbaik tingkat kabupaten. (24/3/2022).

Kelurahan Kota Pagatan mewakili desa dan kelurahan Kecamatan Kusan Hilir mendapat kunjungan dari Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kabupaten Tanah Bumbu.

Ketua Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Kabupaten Tanah Bumbu dan juga sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanah Bumbu mengapresiasi atas kemajuan Kelurahan Kota Pagatan dan mensejahterakan warga.

Kedatangan rombongan Tim Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan mendapat sambutan yang luar biasa. disambut dengan sajian tari-tarian dan pengalungan selendang dari Lurah Kota Pagatan, Kurniah Umar.

Kurniah Umar mengucapkan terima kasih atas kedatangan Tim Evaluasi, ia menyebutkan kesiapannya untuk melakukan perubahan untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik lagi.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang sudah lama kami nantikan, karena merupakan acuan bagi ke depan untuk melakukan berbagai perubahan dan pengembangan untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kelurahan Kota Pagatan,” sambutnya.

Data sejarah Kelurahan Kota Pagatan mencatat bahwa kelurahan ini dibentuk tahun 1981, memiliki 9 RT dengan jumlah penduduk 3.099 jiwa.

Motto Kelurahan Kota Pagatan ‘Memberikan pelayanan dengan sepenuh hati dan CERMAT (Cepat, Efisien, Ramah, Amanah dan Tulus)’.

Salah satu produk unggulan dikembangkan Kota Pagatan adalah tanaman hidroponik seperti selada dan seledri dan lainnya. Karena dengan cara hidroponik, warga dapat mengembangkan usaha kecil yang memiliki nilai ekonomis.

“Kami terus mengajak warga untuk mengembangkannya, karena tidak rumit, cepat panen dan menghasilkan. Diawali nanti dengan pelatihan dan bantuan bibit bagi masyarakat,” tutur Karniah.

Usaha Mikro Kecil dan menengah khas pesisir pantai seperti pengolahan pentol ikan, amplang, rengginang, dan kue semprong, menjadi produk unggulan Kota Pagatan.

Baca Juga :  Seminar Partai Nasdem, Bakesbangpol Harap Pemilu 2024 Tidak terjadi Kekerasan

Program pemberdayaan masyarakat seperti Selada (Sedekah lansia dan dhuafa) setiap hari Jum’at, dan pendampingan warga yang sakit juga menjadi program unggulan Kota Pagatan.

Sektor perikanan juga menjadi program Kota Pagatan dengan mengembangkan budi daya ikan nila sebagai upaya meningkatkan perekonomian dan kemandirian warga Kota Pagatan.

Kurniah berharap dengan berbagai program dan inovasi yang dilakukan Kota Pagatan semakin maju dan mampu menjadi kelurahan terbaik di ajang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan tahun 2022.

“Semoga Kelurahan Kota Pagatan kedepannya akan terus lebih baik lagi dan terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkasnya. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *