Informasi Tajam dan Terpercaya

Abah Zairullah Pesan 4 Hal di Musrenbang Kecamatan Kusan Tengah

TANAH BUMBU – Abah Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar memberikan sambutan dan membuka acara secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD Kecamatan Kusan Tengah 2023 di Desa Saring Sungai Bubu. Kamis (10/3/2022).

Acara Musrenbang tingkat Kecamatan Kusan Tengah dihadiri anggota DPRD Tanah Bumbu, Kepala SKPD, Staf Khusus Bupati, Kepala Desa, dan tokoh masyarakat. Abah Zairullah menyampaikan sambutan dengan pesan 4 pondasi dasar pembangunan Tanah Bumbu Bersujud menuju Serambi Madinah.

Pertama, pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), mulai bayi masih dalam kandungan ibunya, pemerintah daerah melakukan intervensi ibu hamil sampai anak mereka dewasa.

“Tolong (program usulan dalam Musrenbang) menjadi warna persoalan SDM. SDM ini yang akan menjadi penerus perjuangan kita.” Kata Abah Zairullah.

Sehingga yang harus diintervensi oleh pemerintah daerah adalah ibu hamil dan calon bayi yang ada dalam kandungan sampai anak tersebut dewasa dengan melibatkan ibu-ibu Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dinas terkait.

“Oleh sebab itu PKK menjadi strategis, tolong PKK serius di sini, optimal, maksimal. karna ini akan menjadi amal jariyah yang luar biasa.” Kata Abah Zairullah.

Intervensi selanjutnya adalah pada bidang pendidikan sehingga dapat melahirkan SDM yang sehat, memiliki kecerdasan, pendidikan tinggi, seperti di Jepang dan Korea, fokus pada pembangunan SDM.

“Ini saya titip ke Pak Camat, Kepala Desa, para tokoh, tolong diperhatikan.” Harap Abah Zairullah Azhar.

Abah Zairullah minta Camat dan Kepala Desa memperhatikan pendidikan anak-anak mulai Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Ini amanah yang penting, ini yang saya titipkan karena kita ingin bicara 30 tahun ke depan bukan sekarang.” Jelas Bupati Zairullah.

Dengan memperhatikan SDM maka suatu saat nanti generasi Tanah Bumbu menjadi generasi yang pintar dan cerdas. Abah Zairullah menyakini dengan perhatian terhadap pendidikan atau SDM maka generasi yang cerdas, pintar, akan terwujud sebagimana negara-negara maju telah melakukan pembangunan SDM.

Baca Juga :  Program Satu Desa Satu Masjid diusulkan Sebagai Inovasi Daerah

Pondasi kedua berkaitan dengan Infrastruktur. Melakukan perencanaan pembangunan yang dapat diusulkan ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Tanah Bumbu atau sesuai mekanisme yang diberlakukan melalui Musrenbang.

“Saya sampaikan ke Pak Camat, silahkan catat apa kebutuhan di sini. kepentingan di sini, dibuat inventarisasinya. dan di sampaikan ke Bappedalitbang.” Kata Abah Zairullah sambil menanyakan keberadaan Kepala Bappedalitbang atau yang mewakili dalam pertemuan tersebut.

Selebihnya, usulan yang tidak masuk dalam program prioritas, diinventarisasi kembali untuk diusulkan kemudian nanti akan dibahas dalam forum khusus.

Pondasi ketiga adalah ekonomi. Abah Zairullah menekan bagaimana meningkatkan ekonomi masyarakat dengan melihat potensi yang ada di sekitar. Misalnya membangun pabrik, dengan bahan dasar karet yang bisa dijual oleh masyarakat. Sehingga dibutuhkan pemikiran bersama, Camat dan Kepala Desa, untuk dapat diusulkan dan dimasukkan dalam program prioritas desa.

Abah Zairullah mencontohkan ada sebuah desa di Jawa Tengah, warga menanam pohon kelengkeng secara masif sehingga menjadi komoditas yang dapat dipasarkan sampai ke luar negeri. hasilnya, warga desa menjadi kaya raya. lantas Abah Zairullah menanyakan kira-kira apa yang bisa dibuat di desa masing-masing, sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Apa yang bisa kita lakukan di sini. saya yakin, Kepala Desa pasti punya inspirasi.” Katanya.

Pondasi Keempat adalah penguatan pemerintah. Pejabat pemerintah daerah sampai ke tingkat Kepala Desa harus memiliki wibawa yang dapat dicintai, dihargai, dihormati masyarakat.

“Jangan pernah kita sombong, apalagi menyakiti masyarakat, masya Allah. tidak boleh, kenapa, karena kita ini pelayan.” jelas Abah Zairullah.

“Jadi kita tampilkan pemerintahan ini dicintai, dihargai, dan dihormati. kita ini menjabat amanah dan cuma sebentar, apa yang kita sombongkan.” Tanya Abah Zairullah mengingatkan agar semua pejabat dan perangkat desa memberikan pelayanan yang baik.

Baca Juga :  Jalan Provinsi Normal Setelah Terendam Akibat Luapan Air Sungai dan Hujan Lebat

Acara Musrenbang tingkat kecamatan, yang dihadiri Abah Zairullah Azhar, pada hari ini (Kamis), dilaksanakan di dua tempat, pertama di kantor Kecamatan Kusan Hilir dan kedua di kantor Kecamatan Kusan Tengah. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.