Informasi Tajam dan Terpercaya

Kalibrasi Alat dan Rencana Instalasi Tera Tangki Ukur Mobil

TANAH BUMBU – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (KUMPP) akan melakukan pengujian alat ukur, takar, timbangan, dan perlengkapannya di Tanah Bumbu dan berencana membangun instalasi pengukuran Tangki Ukur Mobil (TUM). Selasa (8/3/2022).

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (KUMPP), H. Deny Haryanto, menyatakan bahwa kunjungannya ke Direktorat Metrologi di Bandung dalam rangka pengambilan alat pengujian standar, yang telah dikalibrasi, alat tersebut akan digunakan oleh petugas untuk melaksanakan kegiatan kalibrasi atau uji alat-alat Ukur, Takar, Timbang, Pelengkapannya (UTTP).

Selama ini memang belum ada tempat kalibrasi alat UTTP di Kabupaten Tanah Bumbu. Keberadaan alat pengujian standar UTTP ini dapat melindungi konsumen dari transaksi dengan pelaku pengusaha.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen Nomor 08 tahun 1999, pasal 3 disebutkan bahwa tujuan perlindungan konsumen adalah:

Menghindarkan konsumen dari akses negatif pemakaian barang atau jasa. Menciptakan sistem perlindungan konsumen terhadap kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses mendapatkan informasi. Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berusaha. Meningkatkan kualitas barang atau jasa guna menjamin keberlangsungan usaha produksi barang atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan konsumen.

Deny mengungkapkan, Dinas KUMPP melalui UML akan melakukan pengujian pada semua peralatan UTTP di Tanah Bumbu menggunakan alat hasil kalibrasi Laboratorium Metrologi

Kunjungan Deny Haryanto juga disempatkan melakukan koordinasi dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Kemetrologian (PPSDK) di Cimahi untuk mendaftarkan petugas dari Dinas KUMPP urusan Kemetrologian agar petugas mendapatkan prioritas mengikuti pelatihan-pelatihan yang akan meningkatkan kinerja petugas dalam melaksanakan tugas pada bidang kemetrologian.

Baca Juga :  Sebut Nama Haji Isam dalam Tabligh Akbar di Pagatan

Pelatihan yang akan diikuti oleh petugas adalah tera Tangki Ukur Mobil (TUM), Petugas Pengawas Tera TUM, Petugas Pengawas BDKT Frozen, Petugas Pengawas Mass LPG.

“Insya Allah kita harapkan kita punya petugas yang sesuai Sertifikasi Keahlian tersebut. Dan dukungan Pemerintah Daerah Tanah Bumbu cukup besar kepada Dinas KUMPP untuk mendapatkan dana pembangunan Instalasi TUM dari APBD Perubahan tahun 2022.” Harap Deny.

Dengan demikian, pelaksanaan tera TUM dapat dilaksanakan sendiri tahun 2023, sehingga dapat mempengaruhi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari bidang kemetrologian.

“Dengan meningkatkan pelayanan pada para pengusaha pengguna UTTP maka PAD Kabupaten Tanah Bumbu melalui retribusi kemetrologian juga akan meningkat” harapnya. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.