Informasi Tajam dan Terpercaya

Abah Zairullah Azhar: Usulan Pembangunan Berdasarkan Prioritas

TANAH BUMBU – Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar menegaskan agar usulan RKPD tahun 2023 berdasarkan prioritas pembangunan dan 4 pondasi pembangunan visi misi Kabupaten Tanah Bumbu. Senin (7/2/2022).

Bupati Zairullah Azhar atau yang biasa disapa Abah Zairullah Azhar meminta kepada Camat Simpang Empat agar membuat perencanaan berdasarkan prioritas salah satu yang bisa diajukan adalah pembangunan kantor Kecamatan Simpang Empat, hal itu disampai dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) (Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2023 dengan tema ‘Penguatan Infrastruktur Ekonomi Berkelanjutan dan Berkeadilan Untuk Optimalisasi Kapabilitas Daerah bernuansa Kearifan Lokal yang Religius’ di kantor Kecamatan Simpang Empat.

Abah Bupati Zairullah Azhar juga mengucapkan terima kasih kepada lurah, Kepala Desa, Camat Simpang Empat karena telah melaporkan data jumlah orang-orang fakir miskin dan anak-anak yatim yang perlu mendapatkan perhatian utama.

“Saya terima kasih Pak Kades dan lurah, karena tidak boleh ada orang yang tidak makan, sakit untuk mencari usaha buat makan, sementara kita makan enak.” Terangnya.

Berikutnya berkaitan dengan pengangkatan PPT menjadi pegawai daerah, Abah Zairullah tidak segan-segan meminta doa dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) agar program pengangkatan PTT dapat terealisasi.

“Doakan ya, supaya bisa jadi pegawai daerah” kata Abah Zairullah.

Disambut ‘amin’ oleh semua PTT yang hadir dalam pertemuan musrenbang. Abah Zairullah menyebutkan bahwa pengangkatan PTT menjadi pegawai daerah adalah cita-cita pemerintah daerah untuk terus memperjuangkan.

“Ini cita-cita saya sebelum nanti habis masa jabatan saya.” Sebut Abah Zairullah.

Abah Zairullah menyebutkan bahwa yang menjadi kendala selama ini adalah persoalan anggaran yang belum ada. Di sisi lain, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia belum mengizinkan untuk menambahan PPT atau membuka pegawai daerah. Namun Abah Zairullah terus memperjuangkan agar PPT yang ada di Tanah Bumbu dapat diangkat menjadi pegawai daerah.

Baca Juga :  Dekranasda Tanbu Tampilkan Tenun Pagatan di Pameran Kriyanusa Jakarta

“Saya sedang habis-habisan, totality, mencari dana, karna kita butuh tambahan dana beberapa ratus miliar dalam setahun.” Jelasnya.

Sebagai perkiraan, jumlah PTT atau Pegawai Tidak Tetap di Tanah Bumbu kurang lebih 5.000 orang. Dibutuhkan dana sekitar 180 miliar dan persetujuan pusat agar rencana ini dapat diwujudkan. Alasan Abah Zairullah Azhar mengapa harus memperjuangkan PTT, karena PTT dulu banyak terlibat dalam pembangunan Tanah Bumbu diawal pemekaran dari kabupaten Induk Kotabaru.

“Ya 180 miliar, ya ndak ada masalah, karna yang membangun Tanah Bumbu ini dulu tenaga-tenaga PTT dan tenaga-tenaga kontrak ini yang membangun.” Terangnya.

Kemudian Abah Zairullah juga mengingatkan agar dalam penyusunan atau usulan anggaran RKPD 2023, benar-benar berdasarkan prioritas pembangunan yang sangat dibutuhkan dan mendesak.

“Misalnya di Kecamatan ini nanti, misalnya ada 50 usulan, kita hanya bisa 16 sampai 20 usulan, dirancang begitu aja.” Jelasnya.

Selanjutnya dalam mengajukan dan mengusulkan anggaran tidak melenceng dari 4 hal mendasar yang menjadi tetra batu tungku pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu.

Pertama adalah pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), Abah Zairullah menilai SDM sangat penting karena generasi Tanah Bumbu yang akan mewarisi masa depan Kabupaten Tanah Bumbu, diharapkan menjadi generasi tangguh dan jauh lebih pintar dari generasi zaman saat ini.

Sehingga ia berharap, tidak ada seorang anak pun di Tanah Bumbu yang tidak mendapatkan layanan posyandu, tidak mendapatkan pendidikan sekolah, dan tidak mendapatkan pendidikan agama.

“Tidak boleh ada anak yang tidak tersentuh dengan posyandu, tidak boleh ada ada yang tidak tersentuh oleh sekolah, tidak boleh ada anak yang tidak tersentuh dengan pendidikan agama.” Kata Abah Zairullah.

Kedua infrastruktur, menurut abah Zairullah hal ini penting karena infrastruktur akan memudahkan dalam membangun membentuk sumber daya manusia.

Baca Juga :  Stakeholder Solid Cegah Stunting

“Penting infrastruktur. Lampu misalnya, tolong kalau ada yang gelap di kampung, tolong dicatat, diusulkan, ini ada Dinas Perkimtan hadir, beliau yang bertanggung jawab. Supaya apa, supaya anak kita kalau belajar malam tidak takut, dan kalau jalannya bagus mudah-mudahan itu bisa menjadi pendorong, sehingga mereka tidak malas belajar.” Kata Abah Zairullah.

Ketiga ekonomi. Desa-desa dan kelurahan diharapkan membuat perencanaan yang bisa membangun ekonomi Tanah Bumbu. Ia pun meminta agar para pengusaha didoakan, agar mereka sukses dan mau berbagi terhadap pembangunan daerah.

Keempat penguatan pemerintahan, membangun komitmen dan memiliki ketulusan dalam memberikan pelayanan sebagai tugas dan sebagai pelayan masyarakat.

“Kita ini menjadi kata kunci pembangunan, tentu tergantung komitmen, niat, ketulusan, keikhlasan kita sebagai pembawa amanah,” jelasnya.

Rangkaian musrenbang, hari Senin, dibuka oleh Bupati Tanah Bumbu Abah Zairullah Azhar. Dimulai dari musrenbang RKPD Tahun 2023 di Kantor Kecamatan Batulicin sampai musrenbang di kantor Kecamatan Simpang Empat. Acara musrenbang tingkat kecamatan ini juga diikuti oleh seluruh Kepala SKPD dan Tim Percepatan Pembangunan Daerah Kabupaten Tanah Bumbu. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.