Informasi Tajam dan Terpercaya

Aplikasi ITanbu Mudahkan Akses Referensi dan Bangkitkan Keterampilan

TANAH BUMBU – Aplikasi iTanbu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan memudahkan membaca buku tanpa harus ke kantor Perpustakaan. Sabtu, (26/2/2022).

Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu telah memiliki perpustakaan digital yang dapat diakses melalui play store, perpustakaan dalam bentuk digital ini memiliki banyak buku-buku terbaru untuk menambah cakrawala pengetahuan.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip), Muhammad Yusri, akan menambah jumlah buku-buku dalam bentuk digital.

“Isya Allah di tahun 2022 ini, kita akan tambah lagi buku-buku digital. Saat ini aplikasi perpustakaan iTanbu, menyediakan buku-buku umum untuk sekolah, spiritual, agama Islam, arsitektur, bahasa, macam-macam ada disini.” ungkapnya di Kantor Dispersip Tanah Bumbu setelah salat Jum’at. Gunung Tinggi. (25/2/2022).

Cara untuk mengakses aplikasi ini cukup mudah, pada setiap aplikasi hand phone yang menyediakan download dapat mengakses iTanbu, salah satunya melalui play store.

“Buka play store, langsung ketik iTanbu, muncul aplikasi iTanbu, download. Buku-buku yang disedikan Dispersip akan muncul semua.” Tuntunnya.

“Jika ingin melakukan peminjaman, masuk di login dan masukkan email beserta password. Sekali register bisa masuk kapan saja.” Tambahnya.

Hanya saja, katanya, kalau buku yang ada dalam iTanbu itu sedang dipinjam oleh pelanggan maka harus menunggu antrian sampai selesai peminjaman, baru kemudian dapat meminjam secara online di aplikasi iTanbu.

“Kita bisa baca, tapi kalau buku yang diinginkan sedang dibaca oleh pelanggan lain maka kita harus menunggu antrian. Ada keterangannya di layar, bila buku sedang dipinjam, tunggu dulu.” Katanya.

“Misalnya pian pinjam buku tentang agama Islam, khutbah jum’at misalnya. Pian duluan, ketika ulun mau pinjam, nanti ada notifikasi muncul untuk menunggu antrian, ada keterangannya. Setelah pian selesai, baru nanti peminjaman ulun diproses kembali oleh sistem.” Katanya menjelaskan kepada media goodnews.co.id.

Baca Juga :  SMPN 1 Sungai Loban Bidik Juara LSS dan KKR Tingkat Provinsi Kalsel

Aplikasi iTanbu ini, kata Yusri sudah diakses oleh Bupati Zairullah Azhar, Sekretaris Daerah Ambo Sakka, dan ia pun mengajak masyarakat untuk menambah cakrawala pengetahuan, menambah keterampilan hidup, serta minat wira usaha, dengan mengakses iTanbu. Banyak buku-buku yang tersedia untuk menambah keterampilan, dan keterampilan itu dapat digunakan untuk memperbaiki keuangan pribadi atau keluarga, seperti buku-buku arsitektur, bahasa asing, bisnis dan karier, investasi, ekonomi, kesehatan, kecantikan, makanan dan minuman dan sebagainya. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.