Informasi Tajam dan Terpercaya

Bimtek Srikandi Selesai, Lanjut Rakor Pimpinan SKPD

Avatar photo

TANAH BUMBU – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan telah melakukan bimtek Srikandi bagi pengelola, kini menanti rakor bagi Pimpinan SKPD. Jum’at, (25/2/2022).

Srikandi merupakan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi dalam sistem pemerintah berbasis elektronik, sistem ini adalah kelanjutan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu telah melaksanakan bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola Srikandi pada tanggal 23-24 Februari 2022 di gedung Mahligai Bersujud Kapet, kemudian bimtek akan berlanjut bagi Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) mengenai aplikasi Srikandi.

Pengelola Srikandi yang dimaksud adalah pengelola arsip, arsiparis, dan admin atau yang membidangi IT, ditambah Kasubag Umum dan Kepegawain (Umpeg) sebagai koordinator pada setiap dinas.

“Pelatihan Srikandi sudah selesai. Jadi pelatihan teknis bagi seluruh pengelola arsip, ada tiga orang pengelola arsip yang kami undang, yaitu pengelola arsip, arsiparis, dan admin, ditambah kasubag Umpeg ” Jelas Muhammad Yusri Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu.

Pelatihan bimtek juga dilakukan secara simulasi terhadap pelaksanaan Srikandi. Data yang sudah masuk ke dalam sistem aplikasi Srikandi tidak dapat lagi dirubah karena data yang telah diupload, langsung terkoneksi dengan jaringan nasional.

“Sistem itu tidak bisa dirubah-rubah, kalau kita sudah mengupload ke dalam sistem Srikandi maka tidak bisa lagi dirubah. Karena dia terintegrasi dengan arsip nasional datanya. Jadi tidak bisa dirubah.” Terangnya.

Data yang dimasukkan dalam aplikasi Srikandi adalah semua terkait dengan naskah dinas, termasuk surat-surat, nota dinas, dan sebagainya.

“Sebanyak 42 dinas telah mendapatkan bimtek, alhamdulillah di atas 90 persen semua SKPD sudah memahami Srikandi, yang ditugaskan pada tataran teknis.” Syukurnya.

Baca Juga :  Laga Silaturahmi, Tim Futsal Paman Birin Menang Telak

Selanjutnya kata Yusri, dia akan meminta petunjuk kepada Bapak Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Azhar, dan Sekretaris Daerah, Ambo Sakka, terkait rencana Rapat Koordinasi Srikandi bagi Pimpinan SKPD. Pemateri Srikandi akan disampaikan oleh Deputi atau Direktur Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Namun Yusri menjelaskan bahwa ini akan meminta penunjuk dan arahan lebih dulu dari Bupati dan Sekda karena dalam rakor nanti semua Pimpinan SKPD akan dibuatkan komitmen untuk dapat melaksanakan sistem Srikandi dan akan disaksikan oleh Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar.

“Jadi kita akan membuat komitmen tentang pelaksanaan Srikandi sebab tim teknis pengelola arsip telah kita latih, nah ini giliran untuk Pimpinan SKPD.” Harapnya.

Yusri menceritakan kronologisnya bahwa yang awal dilakukan itu seharusnya adalah pelaksanaan rakor bagi Pimpinan SKPD, baru kemudian pelatihan bagi pegawai yang mengelola aplikasi Srikandi. Tapi karna ini terkait jadwal nara sumber maka pada saat ini baru dijadwalkan ulang untuk pimpinan SKPD. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *