Informasi Tajam dan Terpercaya

HPSN Bangkitkan Kesadaran Peduli Sampah

TANAH BUMBU – Dinas Lingkungan Hidup memperingati Hari Peduli Sampah Nasional di SDN 1 Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat. Senin, (21/2/2022).

Tepat berada di lapangan SDN 1 Sungai Dua, peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dilaksanakan, berbagai kegiatan dilakukan sebagai wujud peduli terhadap sampah.

Diantara kegiatan yang dilakukan adalah gotong royong mengumpulkan sampah, melakukan pemilahan terhadap jenis-jenis sampah, pembelian sampah, praktek pengelolaan kompos dari sampah organik, dan pembuatan lobang biopori.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu sebagai pembantu bupati di bidang lingkungan hidup berkomitmen akan terus memperbaiki pengelolaan sampah ke arah yang lebih baik.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Mahriyadi berkomitmen untuk meningkatkan kepedulian bersama terhadap pengelolaan sampah yang lebih baik sesuai tema ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim.’

Peringatan ini menjadi momentum untuk meningkatkan kepedulian dan komitmen bersama agar pengelolaan sampah menjadi semakin baik, hal itu sebagaimana tema HPSN 2022 yaitu ‘Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Bangun Proklim.”

Sebagai dinas yang berfungsi merumuskan kebijakan di bidang penataan dan penataan lingkungan hidup, pengelolaan sampah, limbah bahan berbahaya dan beracun, dan pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup di wilayah Tanah Bumbu, Mahriyadi akan membuat strategi dan kebijakan agar sampah dapat dikelola dengan baik dan benar.

Pengelolaan yang terintegrasi dari hulu ke hilir, memiliki nilai guna dan nilai jual, sehingga memberikan manfaat dan kenyamanan lingkungan.

Ia menyadari bahwa titik akhir dari perjuangan pengelolaan sampah adalah kesadaran masyarakat, karena meski pemerintah daerah memiliki pelayanan yang baik tapi tidak dibarengi dengan kesadaran masyarakat maka sampah akan selalu menjadi masalah.

Memperingati HPSN tidak lepas dari peristiwa tahun 2005. Pada saat itu terjadi peristiwa longsor sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat.

Baca Juga :  Gelar Story Telling Bersama Komunitas Kampung Dongeng

Gunung sampah ini menimpa warga Desa Cilimus dan Desa Pojok, yang mengakibatkan 157 orang meninggal akibat ledakan gas metana dari tumpukan sampah. Maka peringatan HPSN selalu dilakukan setiap tahun agar dapat mengingat peristiwa tersebut dan tergerak mengelola sampah dengan cara yang baik dan benar.

Rangkaian acara yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanah Bumbu ini dihadiri Camat Simpang Empat, Kepala Desa Sungai Dua, dan masyarakat. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.