Informasi Tajam dan Terpercaya

Bimtek Aplikasi Srikandi Menuju Tata Kelola Pemerintahan Bersih

TANAH BUMBU – Bimtek Aplikasi Srikandi oleh ANRI dilaksanakan di gedung Mahligai Bersujud Kapet. Kecamatan Simpang Empat. Rabu, (23/2/2022).

Bupati Zairullah Azhar yang diwakili Plt Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Bumbu, Muhammad Yusri, membuka secara resmi Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Bimtek ini akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 23 -24 Februari 2022.

Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar menilai penyelenggaraan bimtek Srikandi sangat penting dilaksanakan dan memiliki peran strategis dalam upaya pendukung terselenggaranya sistem pemerintahan yang baik.

Kepada peserta bimtek, Zairullah berpesan agar dapat mengikut rangkaian kegiatan sampai selesai guna menghasilkan sumber daya yang dapat memahami dengan baik dan mampu mengaplikasikan pada SKPD tempat bertugas.

Manfaat menggunakan aplikasi Srikandi adalah memudahkan dalam mengakses dan dan keamanan arsip. Nara sumber bimtek langsung didatangkan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dan peserta terdiri dari pengelola arsip dan kasubbag Umum dan Kepegawaian.

Dilansir dari Anri.go.id, Presiden telah mengeluarkan Peraturan Presiden (perpres) tentang SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik), bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, juga pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, disamping kebutuhan peningkatan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintah berbasis elektronik.

Pengelolaan arsip secara digital telah digagas oleh ANRI sejak tahun 2009, kemudian dikuatkan lagi oleh Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE, untuk menggunakan aplikasi e-arsip yang terintegrasi.

SPBE tidak lagi hanya sekedar penggunaan aplikasi atau sistem informasi dalam pengerjaan operasional kegiatan keseharian pemerintahan. Lebih dari pada itu, SPBE meliputi beberapa domain antara lain, Domain Kegiatan Pemerintahan, Teknologi dan Informasi, dan Layanan, dan sebagainya.

Baca Juga :  Tekan Inflasi, Pemkab Tanbu Usulkan Pasar Murah di 12 Kecamatan

Domain Kegiatan Pemerintahan meliputi Rencana Induk SPBE, Proses Bisnis, Anggaran dan Belanja SPBE, serta Data dan Informasi Elektronik.

Domain Teknologi dan Informasi, meliputi Penyediaan Pusat Data Terpadu, Jaringan Intra Pemerintah, Sistem Penghubung Layanan Pemerintah, Aplikasi Layanan SPBE serta Keamanan Informasi Pemerintah.

Sementara di Domain Layanan, meliputi Layanan Administrasi Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Layanan Publik Berbasis Elektronik.

Aplikasi Srikandi pada bidang SPBE telah menjadi kelanjutan dari Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang telah diuju coba dilingkungan ANRI sejak tahun 2020. Pada dasarnya aplikasi Srikandi merupakan integrasi antara pengelolaan arsip dinamis secara instansional berbasis digital melalui SIKD dan secara nasional pada kementerian dan pemerintahan daerah. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.