Informasi Tajam dan Terpercaya

Jaga Kualitas Pelayanan, Dukcapil Raih Sertifikat ISO 9001 2015

Avatar photo

Tanah Bumbu – Sertifikasi ISO 9001 2015 bukti manajemen mutu baik pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu.

Kepala Cabang Sucofindo Batulicin, Iyus Darmawan, memberikan sertifikat ISO 9001 2015 sebagai apresiasi kepada pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) meningkatkan pelayanan publik. Sucofindo sendiri merupakan lembaga sertifikasi dengan cakupan sertifikasi yang luas dan memperoleh akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional (KAN, Indonesia), juga anggota Asosiasi Lembaga Sertifikasi Indonesia (ALSI).

Kepala Dinas Dukcapil, Gento Hariyadi, mengatakan sertifikat ini adalah rangkaian upaya mensertifikasi layanan publik yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Selasa, (15/2/2022).

Hal ini juga sebagai upaya memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat terhadap kualitas pelayanan di Serambi Madinah. Oleh karena itu, Gento akan terus melakukan berbagai inovasi untuk meningkatkan kinerja, kompentensi dan keterampilan, mulai dari level pejabat sampai ke level staf.

Sertifikasi ISO 9001 2015 merupakan sertifikasi sistem manajemen mutu fokus pada proses dan konsumen.

Prinsip-prinsip manajemen mutu yang menjadi landasan penyusunan sertifikasi ISO 9001 2015 adalah fokus kepada pelanggan dengan memberikan kebutuhan-kebutuhan melebihi harapan konsumen sehingga mampu mencapai kepuasan pelanggan.

Kedua, pemimpin bertanggung jawab terhadap target yang ditentukan, untuk mencapai target maka sedapat mungkin untuk melakukan pemberdayaan.

Ketiga, melibatkan ahli bidangnya dan melibatkan semua pihak terkait. Dan terus berupa meningkatkan perbaikan-perbaikan.

Selanjutnya ada 5 hal yang dijabarkan dalam sertifikasi ISO 90001 2015 yaitu, Sistem Manajemen Kualitas, tanggung jawab manajemen, manajemen sumber daya, realisasi produk, dan pengukuran, analisa, peningkatan. (MAS)

Baca Juga :  Tandatangani MoU, Pemkab Tanbu Percepat Tangani Keluhan dan Laporan Masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *