Informasi Tajam dan Terpercaya

Ketua DPRD Tanbu Minta Lapas Batulicin Segera Dioperasikan

Ilustrasi

TANAH BUMBU – Ketua DPRD Tanah Bumbu, Supiansyah, melakukan kunjungan ke Lapas Kelas III Batulicin Desa Saring Sungai Bubu Kecamatan Kusan Tengah. Kamis, (10/2/2022).

Berdasarkan laporan, bahwa terdapat sekitar 15 samapi 20 warga binaan, asal Tanah Bumbu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kotabaru, akan menjalani masa berakhir pidana penjara. Sehingga diusulkan agar Lapas Kelas III Batulicin yang selama ini belum digunakan, dapat beroperasi dan memindahkan warga binaan dari Kotabaru ke Tanah Bumbu.

Supiansyah meminta agar Lapas Kelas III Batulicin, yang dapat menampung 240 warga binaan dan 60 petugas, segera digunakan mengingat Lapas Kelas IIA Kotabaru sudah melebihi batas kapasitas.

Kemudian dari jumlah penghuni Lapas Kelas IIA Kotabaru, ternyata lebih banyak dari warga Tanah Bumbu sehingga Supiansyah meminta segera agar Lapas yang sudah menggunakan anggaran pemerintah tersebut dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

Namun masalah yang dihadapi Lapas Kelas III Batulicin masih terdapat sarana dan prasarana yang belum dibenahi sehingga Lapas Kelas III Batulicin ini belum siap 100 persen untuk digunakan.

Kepala Balai Pemasyarakatan (Bapas), Indra Gunawan berterima kasih atas kunjungan dan silaturahmi Ketua DPRD Supiansyah melihat langsung kondisi Lapas Kelas III Batulicin. Ia berharap kedatangan ketua DPRD Tanah Bumbu dapat mempercepat realisasi sarana dan prasarana yang belum dilengkapi.

Hal-hal yang perlu segera dibenahi adalah jaringan internet, akses jalan menuju Lapas, paving blok, dan sebagainya.

Mendengar kebutuhan itu, Supiansyah berencana akan segara mengajukan anggaran terkait dengan jalan dan sarana.

“Akan segera kami ajukan, anggaran untuk pengaspalan jalan masuk ke Lapas dan Bapas” Kata Supiansyah yang biasa disapa H. Upi.

“Semoga Lapas Kelas III Batulicin cepat beroperasi dan warga binaan (asal Tanah Bumbu) bisa segera menempatinya. Kasihan mereka yang berada di Lapas Kotabaru over capacity.” Harapnya.

Baca Juga :  SMPN 1 Sungai Loban Bidik Juara LSS dan KKR Tingkat Provinsi Kalsel

Disamping itu, keluarga warga binaan yang ada di Tanah Bumbu tidak lagi harus menyeberang ke Kotabaru bila Lapas III Batulicin dapat difungsikan. Meski jarang ke Kotabaru cukup dekat tapi dari aspek biaya, hal tersebut kurang lebih sama bila berangkat pulang pergi Batulicin Banjarmasin.

Kepala Lapas IIA Kotabaru, Yosef Benyamin Yambise juga sebagai Plt. Kalapas Kelas III Batulicin mengatakan bahwa Lapas Kelas III Batulicin akan segera beroperasi tahun ini, sambil menunggu penyelesaian pengerjaan sarana dan prasarana yang masih dibenahi. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.