Informasi Tajam dan Terpercaya

Serambi Madinah Jaring Aspirasi Melalui Forum Konsultasi Publik

Avatar photo

TANAH BUMBU – Pemkab Tanah Bumbu melakukan Forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2023 di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Kecamatan Simpang Empat, Selasa (8/2/2022).

Kegiatan ini, dibuka langsung oleh Bupati, HM Zairullah Azhar dengan mengundang sebanyak 250 perwakilan unsur Stakeholder yang diundang, meliputi Pemerintah, swasta dan tokoh masyarakat Tanbu.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang) Tanbu, Andi Anwar Saddat menuturkan forum konsultasi publik ini, guna memperoleh masukan dan saran penyempurnaan RKPD tahun 2023 Kabupaten Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah.

Oleh karenanya, hal ini berkaitan apabila ada persepsi, dan pemahaman bersama mengenai arah pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu 2023.

“Memang secara umum, tujuan dari forum konsultasi publik ini adalah menyepakati program atau kegiatan prioritas hasil analisa permasalahan dan isu strategis yang kemudian akan dituangkan ke dalam penandatanganan berita acara Kesepakatan Forum Konsultasi Publik sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tanah Bumbu 2023,” ungkap Andi Anwar Saddat S.Pi.

Dirinya berharap, melalui kegiatan ini ada komitmen bersama antar stakeholder dalam keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian, dan pengawasan arah pembangunan di Tanbu.

Sementara itu, Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar memberikan apresiasi kegiatan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD 2023 di Tanah Bumbu. Sebab, hal ini, dapat menampung banyak aspirasi publik.

“Tujuan dari acara konsultasi publik ini ialah untuk menjaring aspirasi pemangku kepentingan pada tahap awal, dalam menghimpun aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas, dan sasaran pembangunan Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023,” ungkap Bupati HM Zairullah Azhar.

“Sebagaimana kita ketahui bersama, Penyusunan RKPD Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2023, merupakan tahun ketiga dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) , Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu Tahun 2021-2026,” tuturnya.

Baca Juga :  Seminar Partai Nasdem, Bakesbangpol Harap Pemilu 2024 Tidak terjadi Kekerasan

Dikatakan, kegiatan ini sebagai ikhtiar untuk mencapai visi Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu yang, maju, unggul, mandiri, religius dan demokratis.

Zairullah menuturkan tema pembangunan pada tahun 2023 yaitu penguatan infrastruktur dan ekonomi berkelanjutan dan berkeadilan, untuk optimalisasi kapabilitas daerah bernuansa kearifan lokal yang religius.

“Pelaksanaan konsultasi publik ini diharapkan menjadi media bagi penguatan komitmen seluruh perangkat daerah dan pemangku kepentingan , dalam upaya menjaga konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pengawasan,” ucapnya.

Disamping itu, terlebih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendorong daerah untuk menjaga kesinambungan antara perencanaan dan penganggaran, sehingga proses ini harus dipastikan berjalan sesuai tata waktu dan aturan yang berlaku.

“Selain itu, saya juga berharap melalui forum diskusi ini akan ada masukan dan saran positif, serta konstruktif dari peserta Forum Konsultasi Publik sebagai bahan bagi Penyempurnaan Rancangan awal RKPD tahun 2023,” ujarnya.

Kemudian, pada akhirnya hasil konsultasi publik RKPD 2023 mampu mensinergikan berbagai program, kegiatan dan sub kegiatan dengan memprioritaskan kebutuhan masyarakat, serta pendukung suksesnya pembangunan di Kabupaten Tanah Bumbu. (Az)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *