Informasi Tajam dan Terpercaya

Minta Bupati Zairullah Jadi Bapak BPD Tanah Bumbu

TANAH BUMBU – Bupati Zairullah Azhar menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Tanah Bumbu periode 2021-2027. Kapet, Rabu, (2/2/2022).

Zairullah Azhar memberikan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik, dan menyampaikan kepada pengurus untuk bisa terlibat turun ke desa-desa bersama pemerintah daerah.

“Sukses (bagi pengurus yang telah dilantik), dan Insya Allah, saya akan keliling ke desa-desa dan saya mohon bapak, ibu, adik, atau anak-anak saya di BPD nanti bersama dan Kepala Desa, kita diskusi. Mungkin bulan-bulan depan sampai bulan puasa.” Kata Zairullah yang memiliki konsep membangun Kabupaten Tanah Bumbu dari desa ke kota.

Pelantikan dan Pengukuhan PABPDSI

Sebelumnya, Ketua PABPDSI  Tanah Bumbu yang baru dilantik, Kusma Yudha, menyampaikan agar Bupati Zairullah Azhar dapat memberikan arahan-arahan kepada anggota PABPDSI terkait dengan pembangun desa dan kapasitas anggota BPD.

“Kami mohon nantinya, agar Bupati Tanah Bumbu, ayahanda dokter Haji Zairullah Azhar berkenan memberikan arahan-arahan kepada kami sebagai pengurus.” Kata Kusma Yudha.

Ia berharap anggota BPD se-Tanah Bumbu dapat melaksanakan tugas membangun desa sesuai dengan arahan-arahan Kepala Daerah

Pada pasal 54 ayat 2, Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, disebutkan bahwa BPD memiliki sifat strategis dalam membangun desa diantaranya penataan desa, perencanaan desa, kerja sama desa, rencana investasi, pembentukan badan usaha milik desa, atau kejadian luar bisa. Dan inilah yang disebut sebagai sifat strategis bagi yang menjadi anggota BPD di desa.

Selanjutnya pada pasal 55 BPD memiliki fungsi membahas dan menyepakati rencana peraturan desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa, dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa.

Sehingga menurut Kusma Yudha, salah satu yang membuat BPD menjadi lembaga yang strategis adalah  karna dalam setiap kebijakan desa, terutama peraturan desa harus mendapat persetujuan dari BPD. Kondisi inilah yang membuat BPD sangat berperan dalam membangun desa.

Baca Juga :  Diskominfo SP Paling Strategis Sampaikan Informasi Pembangunan Daerah

Ia juga meminta anggota PABPDSI untuk ‘bersatu, berjuang bersama,’ oleh karena itu organisasi ini menjadi rumah besar Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia Kabupaten Tanah Bumbu, yang merupakan organisasi besar di seluruh Indonesia.

“Saya juga berharap melalui organisasi ini, menjadi salah satu wahana peningkatan kapasitas anggota BPD, berbagi informasi, dan mendukung program pemerintah desa untuk mendukung Tanah Bumbu menjadi Serambi Madinah” katanya.

Kusma Yudha, dalam sambutannya sebagai Ketua PABPDSI Tanah Bumbu, meminta izin kepada Bupati Zairullah Azhar, agar Bupati Zairullah bersedia menjadi ‘Bapak’ BPD Tanah Bumbu, sebagai upaya menjalin harmonisasi dan kemitraan yang baik dalam membangun desa. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.