Informasi Tajam dan Terpercaya

Raker SKPD Tanbu 2022 untuk Memastikan Target Tercapai

Avatar photo

TANAH BUMBU – Kabupaten Tanah Bumbu, untuk pertama kalinya, mengadakan Rapat Kerja SKPD 2022 selama 3 hari (20-22 Januari) dengan tujuan mencapai target yang telah ditentukan. Kamis, (20/1/2022).

Pada kesempatan itu Bupati Zairullah Azhar menyampaikan pentingnya acara raker dengan tema ‘sinergitas program kerja SKPD Tanah Bumbu menuju Serambi Madinah’ untuk memastikan program kegiatan tahun 2022 yang telah ditentukan dapat dicapai dengan baik.

“Kita sedang bersama-bersama merumuskan, merancang, atau merencanakan, apa yang akan kita kerjakan dalam satu tahun ke depan, ini adalah upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan pembangunan yang diharapkan masyarakat, melakukan langkah-langkah pelayanan terhadap apa pun yang dibutuhkan masyarakat.” Katanya pada acara pembukaan raker di gedung Mahligai Bersujud Kapet Jalan Transmigrasi Kecamatan Simpang Empat.

“Kita akan membahas mengerjakan apa, dengan cara apa, dengan teknis-teknis apa, sehingga apa yang diputuskan pada APBD itu dapat kita laksanakan dengan sebaik-baiknya.” Tambahnya.

Zairullah beralasan bahwa jika tidak dilakukan Rapat Kerja (Raker) Satuan Kerja  Perangkat Daerah (SKPD) maka kegiatan yang sudah masuk dalam APBD, akan dilakukan biasa-biasa saja, oleh sebab itu perlu ada perubahan-perubahan perbaikan untuk mewujudkan rencana yang telah ditetapkan, dan mewujudkan visi ‘membangun Tanah Bumbu yang maju, unggul, mandiri, religius, dan demokratis.’

Meski diakui bahwa maju dan mandiri saja bukan sesuatu yang sederhana tetapi membutuhkan usaha yang sungguh-sungguh, namun Zairullah meyakini bahwa apabila mendapat hidayah dan pertolongan Allah maka sesuatu yang tidak mungkin dapat menjadi mungkin.

“Hari ini (Kamis), besok (Jum’at), Sabtu, selama tiga hari kita curahkan sepenuhnya tenaga, pikiran, perhatian, komitmen, yang akan dipersembahkan kepada kabupaten yang kita cintai ini, yang sudah di-SK-kan sebagai orang-orang yang punya tanggung jawab mengemban amanah.” Tegasnya.

Baca Juga :  Surveyor Internasional Tinjau Lokasi Bendungan Kusan

Sementara itu hadir profesor Budi, Dekan Fakultas Sosial Politik Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, menjelaskan tentang makna Serambi Madinah dan indikator yang dimiliki untuk mencapai Tanah Bumbu Serambi Madinah.

Serambi Madinah ternyata memiliki makna yang luar biasa bahkan per huruf pun memiliki makna, yaitu S diartikan Sejahtera, E elok, R religius, A aman, M maju, B beriman, I indah, M mandiri, A adab, D demokratis, I integritas, N nuasa, A akhlak, H harmonis. Sehingga ide Serambi Madinah yang digagas Bupati Zairullah Azhar menjadi sesuatu yang sangat cerdas.

Oleh karena itu kata profesor Budi, membutuhkan konsep yang dapat diukur secara ilmiah, maka muncullah indikator indeks kesalehan sosial yang melibatkan perasaan, sikap, perilaku ritual dan sosial dalam kehidupan sehari-hari yang menjadi simbol keyakinan dan ketaatan.

Indikator kedua adalah indeks kebahagiaan yang melibatkan perasaan, sikap, perilaku individu yang lebih luas, meliputi aspek kehidupan. Implementasinya sebagai contoh adalah program rumah layak huni yang memberikan kebahagiaan kepada orang miskin, penataan kawasan perkotaan melalui prasarana dan sarana seperti lampu jalan yang membuat bahagia bagi pengendara jalan, rumah tahfidz yang membuat bahagia bagi orang tua yang melihat anaknya belajar dan membaca al-Qur’an, kepedulian sosial dengan pemberian bantuan atau santunan kepada mereka yang memerlukan, dan yang terakhir keamanan lingkungan dengan jaminan keamanan di sekitar rumah atau di kampung.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ambo Sakka berharap bahwa ASN dan non ASN dapat menghafal dan memahami visi misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu dan pada hari terakhir kegiatan ini semua Kepala SKPD diminta menandatangani pakta integritas, yang salah satu poinnya adalah siap melaksanakan program dan siap dievaluasi. Selanjutnya ia menyampaikan bahwa salah satu target penting raker ini dilaksanakan adalah semua kegiatan sudah harus selesai pada bulan November sehingga pada bulan Desember hanya menyelesaikan SPJ atau laporan-laporan saja.

Baca Juga :  Seminar Partai Nasdem, Bakesbangpol Harap Pemilu 2024 Tidak terjadi Kekerasan

Hari ini, hanya Asisten I Bidang Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Mariani, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rahmat Prapto Udoyo, Asisten III Bidang Administrasi Umum Aminuddin mendapat tugas ekspos program dan kegiatan.

Selanjutnya mulai besok Kepala SKPD didamping para Kepala Bidang secara bergantian akan melakukan ekspos program dan kegiatan dalam bentuk makalah yang terdiri dari Pendahuluan, Program Kerja, Strategi Penyelesaian Masalah, Indikator Keberhasilan dan Output, dan Penutup yang terdiri dari Kesimpulan dan Sara-Saran. Dan sebagai panelis Bupati Tanah Bumbu Zairullah Azhar, Sekretaris Daerah Ambo Sakka, Tim Pakar sesuai bidang masing-masing. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *