Informasi Tajam dan Terpercaya
Hukum  

Ruang Bupati, Sekda, Dinas PUPR Disegel KPK

PENAJAM – Kantor Bupati Kabupaten Penajam Paser Utara Kalimantan Timur disegel KPK. Kamis, (13/12022).

Setelah tersebar informasi di media sosial dan dikonfirmasi dari juru bicara KPK bahwa memang benar Bupati Penajam Abdul Gafur Mas’ud bersama sejumlah ASN tertangkap tangan (OTT) oleh KPK karna menerima gratifikasi yang diberikan oleh pihak swasta.

Juru Bicara KPK, Ali Fikri, mengungkapkan bahwa KPK melakukan tangkap tangan pada dua lokasi yang berbeda, yakni di Jakarta tujuh orang termasuk Bupati Abdul Gofur, dan di Kalimantan Timur.

“Dalam kegiatan dimaksud, KPK menangkap tujuh orang di Jakarta, diantaranya Bupati Penajam Paser Utara dan beberapa pihak ASN Pemkab PPU dan swasta lainnya,” ujar Ali Fikri sebagaimana dilansir CNN Indonesia. Kamis (13/1).

Menurutnya pihak yang ditangkap di Jakarta sudah berada di kantor KPK dan sedang dimintai keterangan. Sedangkan lokasi OTT yang kedua berada di Kalimantan Timur, menangkap ASN dan pihak swasta.

Bupati Penajam Abdul Gafur Mas’ud ditangkap KPK dengan dugaan menerima gratifikasi kemudian diamankan oleh Tim Kedeputian Bidang Penindakan KPK.

Saat ini kantor ruang Bupati Panajam Paser Utara dan ruang Sekretaris Daerah sudah disegel oleh KPK untuk kepentingan penyidikan setelah penangkapan OTT.

Selanjutnya penyegelan juga dilakukan di rumah jabatan Bupati Abdul Gafur Mas’ud di Jalan Unocal, Kelurahan Penajam, Kecamatan Penajam.

Terakhir ruang kerja Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Panajam juga ikut disegel KPK.

Hingga kini penyidik masih melakukan pemeriksaan secara intensif. Selanjutnya KPK punya waktu 1×24 jam dalam memberikan keterangan apakah yang terperiksa menjadi tersangka atau tidak.

Harta yang dimiliki Bupati Panajam Abdul Gafur Mas’ud berdasarkan informasi dari website elhkpn.kpk.go.id hanya sejumlah Rp. 36.725.376.075 yang terdiri dari tanah bangunan yang ada di Balikpapan dan Jakarta, kemudian mobil Ford Fiesta tahun 2011 senilai Rp190 juta, mobil Honda City tahun 2009 senilai Rp175 juta, mobil Honda CRV tahun 2008 senilai Rp 140 juta, motor Yamaha Mio Soul tahun 2007 seharga Rp4 juta. Dan harta bergerak, kas dan setara dengan kas senilai 1.8 miliar.

Baca Juga :  Si Murtad Wajib Mengganti Sholat yang Ditinggalkan

Abdul Gafur Mas’ud adalah salah satu bupati termuda di Indonesia, lahir pada tahu 1987 terpilih sebagai Bupati Panajam Paser Utara pada pilkada 2018. Ia juga pernah menjadi Ketua BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Balikpapan 2015-2018. Bahkan pernah menjadi Wakil Bendahara BPP HIPMI Pusat. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.