Informasi Tajam dan Terpercaya
Sosial  

Paman Birin Lepas 2 Pasien Paska Operasi Jantung Pertama di Kalsel

BANJARMASIN – Pertama di Kalsel, Operasi Jantung Terbuka berhasil. Paman Birin melepas dua pasien paska operasi jantung terbuka di ruang Aster lantai 3 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin. Rabu, (5/1/2022).

Kedua pasien tersebut sebelumnya menjalani operasi jantung terbuka pada tanggal 23 dan 24 Desember 2021 lalu. Operasi ini ditangani atas kerja sama antara RSUD Ulin dengan tim dokter Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPD) Harapan Kita Jakarta.

Pelepasan pasien operasi jantung terbuka ini merupakan pasien pertama yang menjalani operasi di RSUD Ulin milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Saat ini masyarakat Kalimantan Selatan tidak harus pergi ke Jakarta lagi karna Kalsel telah memiliki layanan terbaru berupa operasi jantung terbuka. Dulu ketika orang mau operasi jantung harus menunggu lama, bahkan harus menunggu anterian sampai satu tahun.

“Kita kadang-kadang kalau sudah sakit, menunggu satu jam saja susah, apalagi satu tahun. Inilah yang mendorong kita agar meningkatkan layanan RSUD Ulin, kendati masih ada kekurangan SDM dan sebagainya,” kata Paman Birin.

Paman Birin melanjutkan bahwa keberhasilan operasi jantung pertama di Kalsel ini merupakan kebahagia bagi pasien dan masyarakat umum karena RSUD Ulin telah berhasil melakukan operasi jantung perdana dan pasien dinyatakan boleh pulang.

Pasien bernama Fadlan Nursin didiagnosa Coronary Artery Disease, menceritakan pengalamannya sebelum bersedia menjalani operasi jantung di RSUD Ulin, ia merasa tidak yakin segera mendapatkan pelayanan operasi jantung di Jakarta karena daftar antrian begitu panjang, bahkan ada yang harus rela menunggu anterian selama satu tahun.

Untungnya, RSUD Ulin membuka layanan perdana operasi jantung dan ia bersedia sebagai pasien pertama. Hari ini Fadlan Nursin sudah dinyatakan dapat pulang ke rumah meski tetap harus mengikuti jadwal kontrol paska operasi, operasi berhasil dan biaya operasi ditanggung oleh BPJS.

Baca Juga :  Raja LAK Galuh Pakuan Kunjungi Istana Anak Yatim

Pasein atas nama H. Abdul Mukti juga didiagnosa sama dengan Fadlan Nursin, malah dari awal ia sudah yakin dan percaya kepada tim dokter akan berhasil melakukan operasi setelah mendapatkan penjelasan.

Plt Direktur RSUD Ulin Banjarmasin dr Izaak Zoelkarnain menjelaskan pihaknya akan terus meningkatkan kinerja pelayanan rumah sakit kepada masyarakat. Keberhasilan operasi ini menjadi penyemangat meski masih melibatkan dokter spesialis dari RSJPD harapan Kita.

Izaak Zoelkarnain mengakui bahwa saat ini tim internal Ulin belum bisa melakukan operasi secara mandiri dan masih membutuhkan kerja sama lanjutan dengan RSJPD hingga saatnya mampu melakukan secara mandiri.

“Untuk SDM sampai saat ini memang belum punya tenaga yang cukup, jadi tetap mengirim tim ke RSJPD untuk pelatihan dan pematangan keilmuannya secara periodik. Harapannya satu atau dua tahun ke depan, tim kita sudah solid dan bisa melakukan operasi sendiri,” harap Izaak.

Izaak bersemangat untuk terus bergerak memberikan pelayanan terbaik rumah sakit Ulin sebagaimana Gubernur Kalimantan Selatan yang sering disapa Paman Birin itu memotivasi dan menginspirasi dirinya untuk melahirkan karya-karya inovasi . (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.