Informasi Tajam dan Terpercaya

Tanah Bumbu Raih WTP ke-8, Berikut Catatan untuk Pemulihan Ekonomi Daerah

TANAH BUMBU – Tanah Bumbu menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke 8 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia. hal ini merupakan keberhasilan bersama dan akan terus berupaya meningkatkan kinerja, kata Bupati Zairullah di ruang rapat Bersujud Kantor Bupati Tanah Bumbu, Batulicin. Kamis, (9/12/2021).

Penyerahaan piagam WTP diserahkan oleh Sulaimansyah Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, mewakili Kementerian Keuangan RI. Sulaimansyah mengatakan dirinya membawa pesan dari Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyanai Indrawati untuk melakukan penguatan sinegitas antara pemerintah pusat dan daerah.

Sulaimansyah mengamini bahwa selama ini BPKAD Tanah Bumbu telah menyampaikan laporan tetap waktu, meski demikian perlu penguatan sinergitas yang lebih baik ke depan, yang dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman.

“Pada dasarnya sudah berjalan dengan sangat baik pak Bupati, antara kami dan BPKAD dan support data APBD, utamanya realisasi keuangan yang diberikan kepada kami tepat waktu dalam rangka untuk evaluasi, ini sudah berjalan. Tentunya, perlu diperkuat dengan sinergi yang baik pak,” kata Sulaimansyah menatap ke arah Bupati yang berada di sampingnya.

Hal ini dilakukan setelah pemerintah pusat dan DPR RI telah mengesahkan undang-undang keuangan pemerintah daerah dan perintah pusat, oleh karena itu pemerintah daerah perlu melakukan persiapan terkait dana perimbangan keuangan, transfer daerah, dan dana desa berbasis kinerja.

“Ini perlu diperkuat, karna nanti berkaitan dengan transfer berbasis kinerja. Basis kinerja tentu akan sangat berkaitan dengan kemajuan ekonomi di suatu daerah.” Katanya.

Ia juga menyampaikan perannya untuk mendukung pembangunan daerah di bidang fiskal, dalam rangka mendorong percepatan pembangunan daerah di Tanah Bumbu.

Kemudian yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan, akan mendukung pembiayaan bagi UMKM melalui KUR, dan pembiayaan bagi usaha mikro, ultra mikro, yang disalurkan oleh lembaga keuangan non bank, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan perekonomian.

Baca Juga :  Bupati Tanbu Terima Penghargaan Kemenkumham RI

“ini merupakan awal dan nanti akan ditindak lanjuti dengan kegiatan-kegiatan lebih konkrit.” Terangnya.

Bupati Zairullah Azhar menyambut baik upaya sinergitas, utamanya pemulihkan ekonomi di masa pandemi Covid-19, mengingat pandemi Covid-19 telah memberikan dampak perununan di bidang sosial dan ekonomi.

Zairullah Azhar mengucapkan terima kasih terkait upaya membangun daerah dari aspek usaha ultra, mikro, UMKM, dan sebagainya. Selebihnya ia berharap SKPD terkait untuk dapat menindak lanjuti.

Diakhir acara, penandatanganan nota kepahaman antara Kantor Wilayah Direktoral Jendeeral Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Bumbu tentang pemanfaatan data dan informasi penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.