Informasi Tajam dan Terpercaya

Apel Siaga Bencana, Tanah Bumbu Punya Catatan Terbaik Penanganan Bencana di Kalsel

TANAH BUMBU – Kabupaten Tanah Bumbu siap menghadapi kemungkinan terjadi bencana, pada apel Siaga Bencana di Halaman Kantor Bupati terungkap, Tanah Bumbu pernah mendapat penilaian terbaik penanganan bencana di Kalimantan Selatan. Selasa, (7/12/2021).

Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu melaksanakan apel Siaga Bencana dalam rangka menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi, pada upacara apel pagi yang dilaksanakan di halaman kantor Bupati Tanah Bumbu Jalan Dharma Praja Kelurahan Gunung Tinggi, Bupati Zairullah Azhar mengajak merenung sejenak, mengingat pengalaman menghadapi bencana satu tahun terakhir.

“Pada kesempatan ini saya hanya ingin mengingatkan kita semua bahwa apel ini menjadi sebuah kesempatan, kemudian untuk sama-sama merenung bahwa berbagai pengalaman yang sudah kita lewati beberapa tahun yang lalu, membuat kita semakin bersiaga.” Kata Zairullah Azhar.

Pengalaman dalam penanganan bencana seperti banjir, dapat memacu dan kesiapan tim penganggulangan bencana mencegah bertambahnya jumlah korban bencana. Oleh karena itu pemerintah daerah menyampaikan rasa hormat dan terima kasih kepada jajaran TNI, Polri, Kejaksaan, organisasi kelompok, dan masyarakat yang telah bekerja sama, melakukan langkah-langkah penanganan terhadap setiap bencana yang terjadi di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kami sangat bersyukur, alhamdulillah. pengalaman kita pada tahun yang lalu telah memberikan kesempatan kepada kita, semakin membenahi langkah-langkah pencegahan, diantaranya bencana banjir.” Kata Zairullah Azhar.

Dijelaskan bahwa terdapat beberapa titik daerah rawan banjir, rumah yang ada di sekitar bantaran sungai mudah terendam banjir, oleh karena itu pemerintah daerah memberikan solusi agar rumah yang ada di bantaran sungai ditinggikan dari batas air pasang sehingga rumah tidak lagi kebanjiran. Hal tersebut dilakukan karena penduduk setempat enggan untuk direlokasi, seperti di Desa Serdangan.

Baca Juga :  Korban Kebakaran Desa Sejahtera Tolak Relokasi

Sama halnya dengan bencana selain banjir di Tanah Bumbu, dapat diatasi karna dukungan dan kerjasama semua jajaran tim, tim gabungan, TNI, Polri, Kejaksaan, organisasi, sampai ke tingkat desa, yang telah melakukan penanganan bencana. Pemerintah daerah akan terus mendukung kebutuhan lapangan dalam menghadapi bencana.

“Pemerintah daerah akan terus berusaha memberikan apa yang diperlukan, apakah sarana prasarana, maupun hal lainnya.” Jelas Bupati Zairullah.

Berkaitan dengan pengalaman menghadapi bencana, Kabupaten Tanah Bumbu telah meraih penghargaan tahun lalu dari Gubernur Kalimantan Selatan atas kinerja BPBD Tanah Bumbu dalam menangani bencana.

“Berdasarkan catatan, Tanah Bumbu ini salah satu kabupaten yang terbaik dalam rangka penanganan bencana di Kalimantan Selatan.” ungkapnya.

Bupati Zairullah berharap kepada semua tim atau semua yang terlibat dalam penanggulangan bencana untuk terus bekerja mengabdi untuk kepentingan masyarakat, bangsa Indonesia, dan khususnya bagi Kabupaten Tanah Bumbu.

Eryanto Rais, Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu
Eryanto Rais, Kepala Pelaksana BPBD Tanah Bumbu

Selanjutnya pada acara apel pagi siap siaga bencana, Bupati Zairullah Azhar menyerahkan bendera kepada Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah Tanah Bumbu, Eryanto Rais. (MAS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.